3 Tempat Makan Sate Taichan yang Lezat dan Ngehits di Bandung

30 komentar

Sate Taichan Buah Batu
Sate Taichan Bandung,
via dokumentasi pribadi

Siapa yang hobi makan sate dan ingin menikmati sate dengan aneka rasa berbeda? Cobain aja Sate Taichan. Di Bandung ada beberapa tempat makan sate taichan yang bisa jadi rekomendasi buat kamu soalnya rasanya lezat dan ngehits, loh.

Saya pernah makan sate taichan Buah Batu  tahun 2018 yang lalu. Meski udah lama juga, kangen juga makan sate taichan soalnya disajikan dengan aneka pilihan rasa dan sambal yang lezat.

Saat iduladha kemarin, saya  suka nyate bareng keluarga besar juga di moment hari raya qurban. Saya jadi teringat pernah makan sate taichan. Rasanya pengen balik lagi ke sana buat nikmati sate Taichan yang lezat.

Ada yang pernah coba sate taichan atau penasaran sama jenis sate yang satu ini? Jika Kamu lagi ada di Bandung, bisa cobain datang mencicipi salah satu tempat makan sate taichan yang lezat. Sebenarnya gimana sih asal usul dari Sate Taichan ini? Simak, yuk, sejarahnya di bawah ini.


Sejarah Sate Taichan


Sate taichan adalah sate ayam yang dibakar tanpa kecap dan bumbu kacang. Nama Sate Taichan sudah dikenal sejak tahun 2016 yang lalu.

Awalnya sate ini berasal dari pedagang kaki lima yang berjualan sate madura di Senayan, Jakarta yang dikenal dengan nama Amir.

Saat itu ada pasangan Jepang yang membeli sate di sana. Sang lelaki memilih untuk membuat satenya dan memberi garam serta jeruk nipis lalu dimakan dengan  sambal.

Nah, saat itu pedagang bertanya tentang nama sate ini. Pembeli yang orang Jepang tadi mengatakan bahwa ini namanya Taichan.

Ada versi lain yang mengatakan tentang asal mula sate taichan, yaitu kehadiran ekspatriat Korea Selatan yang  suka makan sate ayam di warung sate daerah Senayan. Pembeli ini jadi kenal dengan pemilik warung karena sering makan di sini.

Lelaki yang berasal dari Korea Selatan ini kemudian memberi tahu cara membuat sate yang nantinya dikenal dengan nama sate taichan.

Bumbu yang digunakan adalah irisan cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih yang ditambahkan dengan garam. Selanjutnya bumbu tadi dihaluskan menjadi sambal sate taichan.

Nah, sekarang Sate Taichan ini sudah menyebar ke berbagai tempat di Indonesia, termasuk di kota tempat saya tinggal, yaitu Bandung. Saya pun jadi penasaran dengan rasa dari sate ini.

Saya pertama kali makan sate ini saat nemenin suami ketemu rekan kerjanya dulu, sambil katanya pengen lagi nyicip Sate Taichan.

Selama ini sate yang saya makan, ya, sate ayam atau sapi dengan bumbu kacang. Jadi pengen coba varian rasa baru sate taichan, yang menurut suamiku enak. Dia bilang rasanya lezat dan bikin nagih.

Nah, kira-kira di mana aja, sih, rekomendasi tempat makan sate taichan yang lezat dan terbukti laris manis? Meski banyak tempat makan sate taichan di Bandung, cobain deh makan di salah satu tempat ini!


3 tempat makan Sate Taichan yang enak dan ngehits di Bandung 


1. Sate Taichan Buah Batu Bandung


Makan di Sate Taichan Buah Batu
Makan di Sate Taichan Buah Batu,
via dokumentasi pribadi


Saya menuliskan pengalaman makan Sate Taichan Buah Batu ini sebenarnya masih edisi postingan lampau, sekitar bulan Agustus 2018 yang lalu. Suami udah dua kali makan di sini, pengen lagi makan sate Taichan katanya. Dulu sama rekan kerjanya dan sekarang ngajak saya dan anak.

Sate Taichan Buah Batu ini beralamat di Gedung Viersa, Lantai 3A Jl. Buah Batu No. 161, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

Di gedung Viersa ini ada tiga lantai, lantai satu ada  Donat Jco, kemudian ada sukitime di lantai dua. Nah, sate taichan ini adanya di lantai tiga.

Di seberang gedung Viersa ini ada McD. Jadi memang tempatnya saling berdekatan. Bisa sekalian kalau mau coba makan di tempat lain.

Saya datang ke sini siang hari saat itu, memang perlu naik tangga atau lift buat sampai ke sini, tapi suasananya oke juga soalnya ada di roftop.

Kayanya pas malam hari bakal bagus viewnya, ada lampu warna-warni yang menghiasi kafe dan view Bandung bisa dilihat dari lantai atas atau roftop gedung ini.

Jadi pas lihat menu Sate Taichan, ternyata banyak juga pilihannya. Kamu bisa cobain juga varian sate sapi, usus, telur, puyuh, udang, atau kerang.

Sate Taichan Buah Batu
Sate Taichan Buah Batu,
via dokumentasi pribadi

Nah, ternyata sambal dari Sate Taichan juga bervariasi. Ada sambal Taichan, sambal kemiri, sambal matah, sambal kecap. Ada juga saus Barbaque, Lemonade, dan saus Bangkok. Kata suamiku, yang paling enak sambal mozarelanya. Dicocol sama sate makin lezat rasanya.

Aslinya enggak cukup satu atau dua tusuk. Soalnya pengen lagi, bikin nagih, deh. Mungkin pengaruh saya yang udah kelaparan soalnya udah masuk jam makan siang  juga.

Kamu juga bisa cobain menu unik lain, yaitu sate seafood. Saya belum pernah coba, kayanya kalau nanti mampir pengen juga coba varian sate seafood ini.

Sebelumnya suami pernah makan bareng rekan kerjanya di sini juga. Makan barengan lebih seru, kayanya. Bisa pesan aneka rasa sate yang lezat.

Harga sate taichan ini cukup terjangkau sih menurut saya, kisaran harganya sekitar Rp. 19.500,00 s/d Rp. 38.000,00  per porsi. Satu porsi ini isinya 10 tusuk sate.

Kamu bisa memesan menu satuan atau menu paket berempat yang lebih asyik. Kadang lebih hemat beli paketan kalau makannya bareng-bareng.

Bisa pesan paket Combo Lok-Lok dengan Lima belas tusuk sate,  keju mozarela, tiga buah onigiri atau nasi putih, tiga pilihan saus yang berbeda, yaitu Saus BBQ, Lemonade, dan Bangkok, dan  sebuah pitcher lemon tea.


Paket Combo Lok-Lok Sate Taichan Buah Batu,
via dokumentasi pribadi


Kata suamiku yang pernah pesan paket Combo berempat, jadinya banyak banget. Saus BBQ enak, yang Lemonade berasa banget rasa mayo, dan saus Bangkok ini agak pedas.

Menu makanan di sini cukup banyak juga, ada nasi, lontong juga onigiri. Ada juga aneka menu nasi goreng, seperti  atau ayam bakar kalau pengen makanan selain sate di sini.

Jam buka Sate Taichan ini dari pukul 12.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Tepat jam makan siang atau makan malam kalau mau ngunjungin Sate Taichan Buah Batu. Tempatnya juga nyaman, cukup cozy, dan bisa lihat view cantiknya Bandung dari roftop gedung Viersa.

Sayangnya sejak pandemi beberapa bulan yang lalu tempat makan ini ditutup. Padahal saya mau makan lagi di sini dan pengen cobain makan sate seafoodnya.

Ya, sudahlah ternyata pandemi memang sangat berdampak juga terhadap pelaku usaha, termasuk obyek wisata lainnya di Bandung. Saya jadi kangen jalan-jalan ke tempat wisata yang bernuansa alam dan unik kaya di  Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali

Yuk, Kita lihat lagi dua rekomendasi tempat makan sate taichan yang enak di Bandung. Memang keduanya belum pernah saya cobain, tapi sudah cukup ngehits di Bandung.


2. Sate Taichan "goreng" Taman Sari


Sate Taichan Goreng Taman Sari,
via pergikuliner.com


Seorang selebgram remaja bernama Niko atau Okin telah mempolulerkan varian sate taichan lainnya, yaitu sate taichan goreng, ini cukup ngehits di kalangan millenial.
Sate Taichan Goreng ini beralamat di Jl. Tamansari No.19A, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

Konsepnya ala restoran gitu, soalnya pada awalnya sate taichan dikenal lewat penjual yang ada di pinggir jalan.


Sate Taichan goreng Taman Sari
Sate Taichan Goreng,
via @kulineran_aja


Sama seperti sate taichan Buah Batu yang beraneka ragam, ada juga sate taichan  dari usus, kulit, telur puyuh, kerang, udang dan cumi. Ada satu menu unik yaitu Aglio Olio Taichan yang mungkin enggak ditemukan di tempat lain.

Sambal yang terkenal di sini adalah sambal Saidah yang pedas. Diberi nama Saidah karena berasal dari racikan Saidah, seorang asisten rumah tangga Niko. Kamu bisa tambahkan nasi, lontong atau onigiri kalau belum kenyang.

Sate Taichan Goreng ini harganya cukup terjangkau sekitar Rp. 10.000,00 - Rp. 35.000,00 per porsinya. Sate Taichan Goreng ini punya pelanggan setia dan sering banget harus antri lama karena laris manis. Kerennya lagi, Sate Taichan Goreng ini udah buka cabang baru lagi di Ong Deng yang terletak di Jalan Banda, No. 2s, Kota Bandung. 

Salah satu tempat makan sate taichan yang laris manis, ya, di Sate Taichan "goreng" Taman Sari ini. Rasanya juga enak.

Jika Kamu mau berkunjung mencoba Sate Taichan Goreng Bandung ini, bisa datang buat makan siang atau dinner soalnya jam buka restorannya setiap hari
dari pukul 11.00 - 24. 00 WIB. 


3. Sate Taichan Bengawan 


Sate Taichan Bengawan Bandung
Sate Taichan Bengawan,
via pergikuliner.com


Salah satu rekomendasi sate taichan Bandung yang ketiga adalah Sate Taichan Bengawan. Sesuai namanya sate Taichan Bengawan ini memang ada di Jalan Bengawan, Riau No.66, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. 

Kamu bisa buat makan bersama keluarga, teman, dan rekan kerja di sini. Sate Taichan Bengawan ini dagingnya cukup besar dan empuk juga. Sate Taichan ini tersedia juga bumbu kacang dan bawang goreng. Biasanya, sih, sate Taichan disajikan tanpa bumbu kacang.

Satu porsi Sate Taichan Bengawan dijual seharga Rp. 22.000,00  Jika ingin menambah lontong ada tambahan Rp. 3.000,00. Cukup standar harga satenya. Jam buka Sate Taichan Bengawan ini dari pukul 15.00 WIB - 22.00 WIB.

Menarik banget, kan, sate taichan ini? Nah, Iduladha kemarin pasti dapat daging kurban, kan, ya? Biasanya dimasak apa aja, nih, Sahabat? Buat ide masak di rumah cobain, deh, olahan daging kambing yang mudah di masak seperti yang dituliskan oleh Mbak Wiwid.

Saking sukanya saya dan suami dengan Sate Taichan ini, akhirnya Kami memutuskan buat merintis bisnis kuliner Sate Taichan Jajanan Papi di Pujasera Serbu Sukagalih, Bandung.




Nah, gimana sama Sahabat Traveleannie, dari ketiga tempat di atas yang dikenal dengan rasa sate yang lezat dan ngehits, kira-kira tertarik enggak nyobain Sate Taichan Bandung?



Salam,







Lia Yuliani
Salam ... saya Lia Yuliani dengan nama pena Leannie Azalea. Ini adalah blog kedua dari Catatan Leannie by lia.yuliani.com. Saya seorang lulusan DIV Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung. Momblogger, sekaligus Kontributor media online, dan Ghost Writer. Penyuka puisi dan traveling. Sudah puluhan artikel dibuat penulis sejak tahun 2018 dari berbagai media online seperti Idn Times dan Kompasiana. Telah menulis belasan antologi baik puisi, cerita anak, cerita remaja, dan non fiksi sepanjang tahun 2018. Silakan hubungi leannie.019@gmail.com untuk mengajukan penawaran atau kerja sama.

Related Posts

30 komentar

  1. Bandung menjadi salah satu kota impian untuk dikunjungi. Selain tempatnya yang indah kuliner ya juga menggoda. Nanti klo jadi datang, coba juga ah sate taichun di atas. Pengin tahu banget rasanya apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya enak, Mbak. Beda pokoknya sama sate bumbu kacang

      Hapus
  2. Wah baru tau ada banyak juga ya penjual sate taichan di Bandung. Aku pernahnya bikin sendiri dengan bumbu dan resep nanya ke temen. Saya pikir hanya daging ayam aja, ternyata ada sate yang lain juga ya. Kapan-kapan nyoba ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada sate seafood juga. Macam-macam emang, ada banyak pilihannya

      Hapus
  3. Pengen coba yang di Buah Batu
    Meriah banget satenya. Ada sate telur puyuh juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Favoritnya aku juga di sini. Sayang semenjak pandemi belum buka.

      Hapus
  4. Kok lebih menariiik yaaaa sate taichan di Bandung :D. Di JKT beberapa tempat aku coba tapi rasanya blm ada yg bikin aku ketagihan. Yg daging seuprit lah, sambelnya biasa aja. Blm nemu juga yg sambelnya aneka rupa kayak yg buah batu. Kalo aku ke Bandung, ini harus aku datangin mbaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak yang di Buah Batu banyak variannya, tapi semenjak pandemi tutup. Sedih kan? Yang Sate Taichan Goreng katanya juga enak

      Hapus
  5. Yang paling berkesan dari sate taichan itu sambalnya. Ajiib banget dah 😄

    BalasHapus
  6. Wah, seporsi 10.000, isi berapa tusuk ini mbak? Kalo saya bisa nambah nambah mulu ini kalo soal makan, hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung variannya Mbak. Ada sate ayam, usus, puyuh.

      Hapus
  7. Ahh sate taichan, kuliner favoritku ni

    BalasHapus
  8. Sate taichan nge-hits bgt ya.. kakakku penggemar sate taichan. Tapi aku dari pertama hits sampe sekarang belum pernah nyoba masa. Ahaha. Kemarin sempet mau makan di sate taichan mesti gak jadi, ada aja halangannya 😁

    BalasHapus
  9. Saya belum pernah beli sate taichan, pernah bikin tapi enggak tau bener enggak, hihihi...
    Penasaran sama yang di jalan bengawan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya, kurang tahu sekarang, sejak pandemi soalnya masih tutup sih. Pandemi ini berdampak banget soalnya, banyak resto yang sampai saat ini belum buka

      Hapus
  10. Saya belum pernah beli sate taichan. Karena selalu rame. Akhirnya bikin sendiri. Kalau saya suka rasanya. Nanti kalau liburan ke Bandung, mau cobain beli juga

    BalasHapus
  11. Saya juga suka nih sate taichan, walau awalnya bingung...ini sate apaan yaa..kok daging putih polos gitu doang. Eh tapi saya suka juga sih sate kulitnya.

    BalasHapus
  12. Sate Taichan ini emang enak ya,,
    Enak ni klo jalan2 ke bandunh, bs mampir

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah coba sate taichan mbak. Tapi harga sate Taichan Bengawan terjangkau juga ya cuma 22 ribu per porsi. Kirain mahal. Kapan-kapan coba sate taichan aah..

    BalasHapus
  14. Wah ini sate taichannya rekomen bangt huat aku pas jalan ke bandung pingin ah cobain secara kita pecinta sate Taichan

    BalasHapus
  15. Sampai sekarang aku belum pernah beli sate taichan, tapi beberapa kali makan di hotel atau pas dipesenin orang. Makasih rekomendasinya, mbak

    BalasHapus
  16. Aku mau nangis baca blogpostnya teteh...
    Huhuu...kayanya aku belum pernah nyobain Sate Taichan ketiga tempat ituu...padahal dulu cukup sering makan di daerah Tamansari.

    BalasHapus
  17. Aduh tampilannya asik dan nikmat sekali. Semoga bisa singgah di tempat ini dlm waktu dekat mbak.

    BalasHapus
  18. aku belum pernah makan sate taichan ini padahal di kotaku sudah ada lumayan banyak gerainya. hmm mungkin belum jodoh sama sate taichan. he

    BalasHapus
  19. sampe sekarang aku belum pernah sama sekali nyobain sate taichan. masih suka sate madura dan sate2 lain yang bumbu kacang dan kecap :D

    BalasHapus
  20. Sebagai penggemar sate taichan aku ngiler kalau lihat fotonya mbak. Hahaha. Akhirnya, setelah baca blog mbak aku baru tahu sejarah sate taichan. Ternyata begitu. Emang enak mbak sate taichan menurutku, apalagi kalau sambalnya seger, hmm mantap!

    BalasHapus

Posting Komentar