Senin, 29 Juni 2020

Mengunjungi Pinisi Resto yang Instagramble dan Kekinian di Bandung

Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali
Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali,
dokumentasi pribadi

Saya kembali menuliskan cerita traveling di tahun 2017 yang lalu saat mengunjungi Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali di daerah Ciwidey. Saat itu saya bersama teman-temannya suami mengunjungi tempat yang lagi ngehits di Bandung.

Beragam foto berseliweran di instagram membuat saya dan suami sepakat mengunjungi Glamping Lakeside Rancabali.

Biar tambah seru, suami ngajak juga temen-temennya ke sini. Bahkan ada yang jauh-jauh datang dari Semarang, loh.

Buat Sahabat Traveleannie yang penasaran sama destinasi wisata menarik di Semarang, saya pernah menuliskan 9 destinasi menarik saat mengunjungi ibu kota Jawa Tengah atau nama kerennya Venice Van Java.



Dua orang teman kerja ayahnya saat di Semarang datang berkunjung ke Bandung, katanya pengan jalan-jalan atau  traveling ke tempat wisata yang kekinian dan instagramble di Bandung.

Memang suami sempet kerja di Semarang sekitar tahun Akhir tahun 2016- pertengahan tahun 2017 yang lalu. Selain dua orang teman suami di Semarang, ada juga keluarga dari rekan kerja suami  saat dulu kerja Tree House Cafe Dago.  

Cafe ini jadi tempat makan andalan saat buka puasa bersama keluarga, reuni, dan rekan kerja suami. Beberapa kali saya mengunjungi Tree House Cafe ini.


Jadi, totalnya ada delapan orang yang mengunjungi Pinisi Resto ini, termasuk dua krucil. Saat itu, anak saya masih berusia setahun setengah, tepat November 2017,  dia berusia dua tahun dan ada juga anaknya temen yang usianya kurang dari setahun.

Bareng Sahabat ke Pinisi Resto
Mengunjungi Pinisi Resto bareng Sahabat,
dokumentasi pribadi


Tentang Pinisi Resto yang instagramble dan kekinian


Pinisi Resto yang kekinian
Berfoto di Pinisi Resto yang kekinian,
dokumentasi pribadi


Pinisi Resto adalah tempat makan unik berbentuk kapal pinisi yang ada di atas bukit, letaknya di pinggir Situ Patenggang.
Pinisi Resto ini ada di Kawasan Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey. Diambil dari filosofi kapal laut tangguh kebanggaan Indonesia, Kapal Pinisi.

Salah satu destinasi wisata di Bandung yang unik dan kekinian adalah Pinisi Resto ini. Dibuka pada Bulan Juli  tahun 2016 yang lalu dan langsung ngehits karena banyak dikunjungi wisatawan.

Memadukan konsep keindahan alam Bandung Selatan dan keanekaragaman kuliner khas daerah bikin betah saat mengunjunginya.

Untuk menuju ke Pinisi Resto, Sahabat Traveleannie akan melewati jembatan gantung buat sampai ke restoran.  Ada danau indah di sebelah jembatan, Sahabat Traveleannie bisa naik perahu untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

Banyak pengunjung, termasuk saya juga yang mengabadikan kenangan dengan berfoto di atas jembatan ini. Dulu saya berfoto bareng anak di jembatan ini.

Jembatan gantung Pinisi Resto
Berfoto di jembatan gantung,
dokumentasi pribadi

Di sebelah jembatan, ada sebuah danau yang indah. Banyak pengunjung yang mengambil kesempatan untuk berfoto saat melintasi jembatan ini. Spot yang cukup Instagramble buat ajang swafoto atau wefie.

Nah, selain bisa menikmati suguhan kuliner dan menikmati keindahan alam dari atas bukit, Kamu bisa sekadar ngopi, bersantai atau swafoto dengan beberapa spot yang instagramble.


Akses Menuju Pinisi Resto Glamping Lakeside



Berfoto di Dek Pinisi Resto
Bagian dek  kapal Pinisi Resto,
dokumentasi pribadi

Pinisi Resto yang beralamat di daerah Patengan, Rancabali, Bandung 40973. Letaknya di Glamping Lakeside Rancabali, yaitu tempat camping yang cukup ngehits di Bandung.

Kamu bisa menyewa salah satu glamping yang punya fasilitas  cukup lengkap denga parorama cantik menghadap Situ Patenggang. 

Rute untuk menuju ke Glamping Lakeside Rancabali sama dengan perjalanan menuju
 Ketiganya merupakan destinasi ngehits lainnya di Ciwidey yang bagus juga buat Kamu kunjungi.

Akses menuju Pinisi Resto melewati Kopo-Soreang-Ciwidey-Rancabali-Glamping Lakeside. Untuk menuju Kopo bisa melalui  leuwi panjang atau gerbang tol Kopo.

Kami berangkat dari jam  09.00 WIB dari rumah saya yang alamatnya di Gunung Batu, ini dekat pintu tol pasteur. 

Untuk menuju Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali di Ciwidey ini kurang lebih ditempuh dengan dua jam perjalanan dari rumah saya.


Harga Tiket Masuk Pinisi Resto


Memasuki area Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp. 20.000,00 per orang. Biaya parkir mobil Rp.5.000,00 per mobil.  Untuk nasuk ke area Pinisi Resto dikenakan biaya lagi Rp. 10.000,00 per orang.

Sebenarnya ada banyak destinasi wisata menarik di Glamping Lakeside ini, seperti
Teras bintang, Taman kelinci, Taman angsa, Jembatan Pinisi, Strawbery Farm, Patenggang Lakeside, Batu Cinta, Kawah Rengganis, naik perahu atau kano yang dikenakan tarif masuk berbeda mulai dari Rp. 10.000,00 - Rp. 35.000,00. 

Namun, saya memilih hanya mengunjungi Pinisi Resto saja, karena memang tujuan awalnya ke sini.


Kesan Mengunjungi Pinisi Resto


Ada beragam makanan khas daerah yang bisa Kamu nikmati di sini. Sayangnya dulu saya enggak sempat memotretnya karena anak saya dalam masa  aktif-aktifnya. Dia saat itu masih satu tahun setengah dan berjalan-jalan ke sana ke mari dan saya memang fokus untuk memperhatikan dia.

Saat itu saya inget pesan ikan bawal goreng, nasi liwet juga. Minumnya teh manis  anget dan bandrek. Harga makanan dan minumannya standar kafe umumnya.  Menu di Pinisi Resto bervariasi dari makanan tradisional dan western. Harga dan menu  makanan di Pinisi Resto bisa dilihat di bawah ini.

Menu makanan Pinisi Resto,
via Travelblog.id

Pinisi Resto ini terdiri dari dua lantai, lantai pertama sebagai tempat memesan menu makanan dan ada di area tertutup, sedangkan lantai dua untuk area makan outdoor dan spot favorit berfoto ada di bagian dek kapal. Hanya saat itu buat berfoto di sini perlu gantian sama yang lain. Cukup banyak juga yang datang ke sini soalnya.

Bagian outdoor Pinisi Resto
Bagian outdoor Pinisi Resto ,
dokumentasi pribadi


Jujur saja saya merasa kedinginan meski udah memakai jaket. Sepertinya perlu pakai kaos kaki juga biar enggak dingin. Untunglah anak saya saya pakaikan kaos kaki dan jaket tebal. Dokumentasi foto di sini diambil sore hari, tampak banget berkabut, kan, ya?

Cuaca di atas bukit ini memang dingin banget hawanya, jadi saya sarankan memakai jaket tebal dan kaos kaki agar merasa nyaman saat traveling ke sini.

Meski udaranya dingin, saya cukup terkesan dengan tempat makan unik berbentuk kapal Pinisi di atas bukit. Banyak spot Instagramble yang cocok buat foto-foto.

Jam buka Pinisi Resto ini dari pukul 07.00-24.000 WIB. Namun saat itu begitu jelang magrib, Kami pulang menuju ke rumah.

Sebuah perjalanan yang menyenangkan, bisa mengunjungi tempat makan unik berbentuk kapal Pinisi yang instagramble dan kekinian di Bandung.

Liburan bareng keluarga memang selalu menyenangkan, begitu pula cerita Mbak Aprilely Fitriana tentang liburan bareng bayi 

Gimana, nih, Sahabat Catatan Leannie, tertarik enggak buat mengunjungi Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali?



Salam, 





90 komentar:

  1. wah kapan2 mau juga ke pinisi resto ah, btw tiket masuk dlu sm sekarang sama nggak mbak? kl sama tergolong murah banget yak, pengen nyobain naik kanonya juga nih, xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuknya 20 ribu, ke Pinisi Resto ada biaya lagi 10 ribu. Nah Naik Cano kayanya 35 ribu. Sepertinya masih segini, Mbak. Hehe ... maaf kalau keliru.

      Hapus
  2. Jadi pingin. Sering ke Bandung tapi belum pernah ke sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, boleh, Mbak. Moga Corona cepat berlalu.

      Hapus
  3. wow keren tempatnya aku belom nyobain ke tempat ini padahal aku orang Bandung ehhehe, kayaknya wajib didatangin niy kalau kondisinya sudah aman. bisa makan bareng dengan keluarga, pasti bakalan seru banget niy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ternyata orang Bandung juga, ya. Asyik sih buat dikunjungin memang

      Hapus
  4. Beberapa kali lewat timeline saya ini, tempat makan unik berbentuk kapal Pinisi yang instagramble dan kekinian di Bandung, Pinisi Resto...dan belum sempat ke sana datang badai corona. Semoga nanti bisa ..duh mupeng banget lihat fotonya

    BalasHapus
  5. Itu untun masuk area ada htm 10 ribu. Berarti cuma untuk lihat-lihat aja ya, Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas ke Glamping, htm 20k, tambahan lagi ke Pinisi Resto 10k. Memang ntar ke yang area yang lain ada tiket masuk lagi. Iya, buat masuknya aja. Banyak yang cuman mau foto-foto aja, hehe

      Hapus
  6. Jembatan gantungnya panjang ga Mbak? Pengen ngajak mama tapi dia takut bgt ama jembatan gantung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan panjang, loh, Mbak. Duh, kasian ya takut nyebrangnya

      Hapus
  7. Noted. Saya tertarik nih ke pinisi resto, kl ada kesempatan ke Bandung, bisa saya singgahinπŸ™πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, Kak Sani. Moga ntar bisa ke sini juga.

      Hapus
  8. Tiap pulang ke Bandung, udah niat pengen ke sini, tapi belum kesampaian juga. Emang keren sih konsepnya ya, Mbak...

    BalasHapus
  9. Serius ini, harganya terjangkau pake banget!
    Sekali datang mending bawa baju ganti ya mbak jadi bisa keliling ke banyak tempat sekaligus, menarik banget Glamping Lakeside Ciwidey ini,

    Ada Teras bintang, Taman kelinci, Taman angsa, Jembatan Pinisi, Strawbery Farm, Patenggang Lakeside, Batu Cinta, Kawah Rengganis, naik perahu atau kano .. semua rasanya pengen tak cobain!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi htm ke Glamping 20k, masuk ke Pinisi tambahan lagi 10k. Nah untuk ke area lain ada tmabahan tiket lagi. Misalnya naik cano htm 35 k. Hihi ayo cobain semua.

      Hapus
  10. Kabitaaa...
    Noted ah, kalo anakku ngajak jalan ke Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali aja yang udah jelas keren πŸ˜ŠπŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, Ambu. Seru kayanya kalau bareng anak-anak ke sini.

      Hapus
  11. Bandung ini memang surganya tempat wisata ya. Jadi pengen main ke Bandung trus puas-puasin ke aneka wisata outdoor seperti Pinisi Resto ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, alhamdulillah. Bersyukur jadi orang Bandung, banyak destinasi keren yang bisa dikunjungi

      Hapus
  12. Belum pernah nih kesana mau Juga mampir
    Pinisi Resto tempat makan unik di pinggir Situ Patenggang sensasinya beda Kali y

    BalasHapus
  13. Seru banget ya Mbak kapalnya nyasar di atas bukit hehehe... Gak ada foto makanannya mbak? Karena bagiku tempat bagus perlu didukung dengan rasa makanan yang enak! Keliatan banget ya dinginnya itu, kudu persiapan baju tebal kalau ke sana, apa lagi untuk anak pantai macam aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, enggak sempat foto makanan, anakku lari-lari takut ilang jadi saat itu sambil ngejar-ngejar dia. Hahaha ... makanan yang saya beli menu tradisional sih

      Hapus
  14. Sangat tertarik juga untuk berkunjung ke Pinisi Resto, mba.
    Apalagi banyak juga alternatif tempat wisata di sekitar yang bisa dikunjungi. Makasih informasinya, mba.

    BalasHapus
  15. Aku pengen sekalian bawa keluarga staycation di sini. Bisa bobok ganteng, banyak wahana seru, dan dekat dengan beberapa tempat wisata alam,,misalnya Situ Patenngang sendiri sama Kawah Putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget ke sini bareng keluarga, aslinya. Bisa jalan-jalan juga ke obyek wisata sekitar Ciwidey.

      Hapus
  16. Lengkaaaap banget ulasannya mbak. Wah kalo ke Bandung harus berkunjung ke Pinisi Resto nih, dan gak lupa bawa jaket nih hehe. Aku suka ke resto yang buka sampe malem, soalnya bisanya keluar emang pas malem sepulang suamiku kerja hehe. Pas banget ke Pinisi yang sampe jam 24 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dingin banget, apalagi jelang magrib ke sana. Kan di atas bukit jadi cuacanya dingin. Iya buka sampai malam, tapi pulang magrib kasian anakku udah cape dan takut kemaleman pulangnya

      Hapus
  17. Waaa...ini kan wisata resto yang ngehits di Bandung itu ya mba, seru banget deh bisa ke sana dan foto2 kece pastinya
    Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali di daerah Ciwidey ini selain resto yg nyaman tentu ada tempat instagramable bgt ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, Mbak. Saya kesana sekitar beberapa bulan setelah soft opening, rame banget di sini.

      Hapus
  18. Kereeen tempatnya. Btw phinisi itu sepengetahuanku kapal khas Bugis, kebetulan aku orang Bugis. Atau ternyata memang kapal Indonesia secara umum ya? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Tri ngambil konsep Kapal Pinisi dari Bugis

      Hapus
  19. Aku pernah coba pinisi resto sejenis saat di Labuan Bajo. Tapi yang ini lebih keren deh! mana ada jembatannya pula. Jadi pengen makan di sana. Yum!

    BalasHapus
  20. Banyak destinasi wisata dan Kuliner asik ya, apalagi ini Pinisi Resto yang belum pernah daku mencoba ke sana. Mana area nya bisa sekalian halan-halan ke tempat yg lain juga ya πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kadang numpang foto doang juga oke, hehe

      Hapus
    2. Tapi mah tetep Teh, seenggaknya jajan juga lah di sana, biar pas lagi jepret nggak bikin gugup haha

      Hapus
    3. Beli makan or minum yang terjangkau ada kok. Lumayan buat cemilan

      Hapus
  21. Aku sudah lama penasaran dengan Pinisi Resto dan Glamping Lakesidenya ini, sejak dibuka udah pengen ke sana tapi belum dikasih kesempatan. Moga saat pandemi berlalu dan ke Bandung mau mampir ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti kesampaian mengunjungi Pinisi Resto ini, ya, Mbak Indah

      Hapus
  22. wah. boleh juga nih rekomendasi buat nanti jalan2 ke bandung. suasana kaya enak banget ya. semoga pandemi cepat berlalu biar bisa jalan2 lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Pengen banget jalan-jalan lagi tapi belum berani, nanti aja kalau udah membaik keadaannya

      Hapus
  23. Aku nih orang bandung tapi gagal mulu mau ke rancanbali teh. Ada aja gak jadinya kalah ama yg dari luaran kota. Entah krnapa kalo weekend bawaanya mager muw ke tempat-tempat wisata. Otomatis macet males banget. Nunggu weekday aja biar kosong orang bandung ini. Begitu mulu eehhh ampe corona dateng kaga jadi-jadi hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang jauh atuh Teteh. Hehe ... Ini mah berhubung ada temen suami dari luar Kota pengen jalan-jalan ke Bandung, ya udah ke Pinisi Resto aja, lagi ngehits banget saat itu soalnya

      Hapus
  24. Keren lokasi ini Mbak. Rasanya beneran lagi di atas kapal ya? apalagi di atas bukit. Tahun lalu ke Bandung hanya ke kotanya Mbak...blom eksplor tempat-tempat lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak.Seneng banget bisa ngunjungin tempat ini. Masyaallah

      Hapus
  25. Ada nggak sih mbak yan gdatang ke Phinisi Resto ini hanya ingin untuk foto-foto tapi nggak pesan makan? Saya penasaran aja :)
    Dari dulu saya pun pengen ke sini, bukan untuk makan, tapi hunting foto dengan menggunakan drone. Menangkap gambar Phinisi dengan latarnya yang indah dari udara pastinya keren banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak apa-apa kayanya, Kak. Dateng aja buat foto-foto. Hehe

      Hapus
  26. wah ajdi peansaran , tp masih belum bisa jalan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Ntar aja nunggu situasi kondusif.

      Hapus
  27. Ternyata Pinisi ada juga ya didarat. Aku aja orang Bugis belum pernah merasakan suasana kapal Pinisi. Kalo ke Bandung lagi pengen ke sini lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ada orang Bugis, nih. Salam kenal Kak. Ada di darat, di atas bukit tepatnya

      Hapus
  28. om aku tingga di katapang
    kapan kapan aku ajang ke sini ah
    lewat Tol Kopo ya berarti
    seru sih berasa naik perahu phinisi beneran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa Kak. Bener seru banget datang ke sini.

      Hapus
  29. Wah, jadi nambah lagi alasan untuk main ke Bandung saat pulang ke tanah air nanti.

    Untuk menu tradisionalnya, didominasi menu Sunda atau dari berbagai daerah, Mbak?
    Semoga bisa segera terlaksana ya.

    BalasHapus
  30. tempat-tempat yang Teh Lia review selalu bagus-bagus. cuma mupeng aja aku soalnya jauh banget hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, sebenarnya suamiku yang update sih soal destinasi terkini. Aku ngikut aja.

      Hapus
  31. Kapan bisa ke destinasi sekeren ini. Pengen banget. Tapi kok kaya susah banget. Hem... Bisa nikmatin dari jauh via postingan2 gini aja deh jadinya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat yang orang Bandung juga lokasinya agak jauh, Mbak. Hehe

      Hapus
  32. Terakhir ke Bandung aku sempat ke Ciwidey, tapi nggak ngeh kalau ada lokasi ini. Waktu itu juga ke lokasi makan sih. Mausknya juga bayar trus ada banyak pilihan. Ada playground ada cafe live music juga. Kapan2 pengin nyobain deh. Cakep lokasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang banyak juga destinasi keren di Ciwidey, Mbak

      Hapus
  33. Pemandangannya indah banget mbaaa... jadi pengen bisa berkunjung kesana. Dulu ke Bandung 2016 tapi aku belum tahu objek wisata itu jadinya ga kesana deh. Kurang googling kayaknya deh aku. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bagus memang ada danau di sekitarnya. Jembatan itu sebrang ya danau yang indah.

      Hapus
  34. Duh aku orang Bandung eh Cimahi ^^, tapi belum pernah kesini euy, boleh nih diagendakan ah kapan-kapan sekalian mampir ke Ciwidey. Seru juga ya bisa foto-foto di tempat yang Instagramable kaya gini sambil ngopi-ngopi cantik juga udah gitu kayanya ramah anak ya, jadi bisa bawa krucils juga sekalian.

    BalasHapus
  35. Tempatnya yang asri dan menarik, jadi magnet tersendiri buat pengunjung ya, Mbak.

    Untuk menu tradisional selain menu khas Sunda, ada menu dari daerah lain tidak, Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyaknya menu khas Sunda Mbak. Ada menu western juga sih

      Hapus
  36. jajan colenak plus minum bandrek atau bajigur menjadi pelengkap yang cantik menikmati pemandangan dari pinisi resto ini ya mbak..apalagi pas kabut turun, jadi serasa di swiss hehehe

    BalasHapus
  37. Ini ya mbak blognya yang baru? πŸ€—

    Aku punya rencana ke sini lho sebetulnya. Etapi pandemi. Jadi dibatalkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, tampilan sederhana belum aku apa-apain. Perdana nulis juga di sini.

      Hapus
  38. Wah, daku yang urang sunda ti Bandung kok ke mana aja ya sampai2 belum pernah mampir ke tepat ini? Hahahhaa...HTM nya murah juga, terjangkau lah. Resto, pemandangan dll cocok banget buat kumpul2 keluarga dan kerabat. Reunian di sini juga asik. Kelar corona jajal main ke Pinisi Resto ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,Mbak. Eh, Teh dong manggilnya. Mampir sini bagus tempatnya

      Hapus
  39. Aku pernah ke sini sama rombongan kampus. Penasaran ama glampingnya euy. Waktu itu baru promo, baru dibuka. Tapi kok dingin ya...haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masih untung pakai Kaos kaki dan jaket. Kalau enggak hiii dingin banget

      Hapus
  40. Aku Ama temen2 udah plan mau ke Bandung juga mba, tp mungkin mendekati dec sih, tunggu kurva agak turun :). Ntr aku usulin makan di pinisi resto ini deh mba. Menarik tempatnya.

    Kalo dingin, justru aku suka bangetttt :D. Tempat wisata yg suhunya sejuk, justru selalu aku favoritin. Maklum ga kuat panas ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dulu Mbak Fanny bilang ada rencana ke Bandung, pending dulu ya karena pandemi. Moga Desember udah kondusif, ya

      Hapus
  41. Ti Gunung Batu raos ayeuna mah kantun lewat tol pasteur kaluar tol soreang. Salam kenal teh lia πŸ˜πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Dede salam kenal juga. Aku mah enggak tahu jalan, hehe ... asa enggak masuk tol pasteur dulu sama suami, masuk ke Kopo soalnya. Padahal iya, ya, bisa ke tol pasteur terus Soreang. Hehe

      Hapus
  42. berasa naik kapal Pinisi beeran ya Mbak, tapi ini bedanya kapalnya mentok di atas bukit. Wiih, jadi bisa lihat seisi Bandung dari ketinggian ya ini. pengen deh bisa kesana juga :)

    BalasHapus
  43. walah walah ini mah serasa naik ninisi di atas bukit ya
    keren konsepnya. untuk tiket masuknya pun masih worth it ya kak

    BalasHapus
  44. wah tarif masuknya terjangkau ya, banyak spot foto bagus pula :D kalo ke Bandung wajib mampir nih!

    BalasHapus
  45. Dari dulu pengen sekali ke Bandung. Merasakan kuliner-kuliner di sana. Sayang, jauh. Hehe

    BalasHapus
  46. Duh rindu ke Bandung, tapi sejujurnya masih takut kemana2 walaupun sudah era New Normal :(

    BalasHapus
  47. Wuih, akutu udah lama banget mupeng ke sini, Teh, tapi belum kesampaian sampai saat ini. Mana sekarang sedang pandemi gini. Haduh, kabita akutu, glamping di sini, pasti bikin ide menulis jadi tokcer deh yaa? Hihi

    BalasHapus

Entri yang Diunggulkan

3 Tempat Makan Sate Taichan yang Lezat dan Ngehits di Bandung

Postingan Populer