Senin, 31 Agustus 2020

3 Tempat Makan Sate Taichan yang Lezat dan Ngehits di Bandung


Sate Taichan Buah Batu
Sate Taichan Bandung,
via dokumentasi pribadi

Siapa yang hobi makan sate dan ingin menikmati sate dengan aneka rasa berbeda? Cobain aja Sate Taichan. Di Bandung ada beberapa tempat makan sate taichan yang bisa jadi rekomendasi buat kamu soalnya rasanya lezat dan ngehits, loh.

Saya pernah makan sate taichan Buah Batu  tahun 2018 yang lalu. Meski udah lama juga, kangen juga makan sate taichan soalnya disajikan dengan aneka pilihan rasa dan sambal yang lezat.

Saat iduladha kemarin, saya  suka nyate bareng keluarga besar juga di moment hari raya qurban. Saya jadi teringat pernah makan sate taichan. Rasanya pengen balik lagi ke sana buat nikmati sate Taichan yang lezat.

Ada yang pernah coba sate taichan atau penasaran sama jenis sate yang satu ini? Jika Kamu lagi ada di Bandung, bisa cobain datang mencicipi salah satu tempat makan sate taichan yang lezat. Sebenarnya gimana sih asal usul dari Sate Taichan ini? Simak, yuk, sejarahnya di bawah ini.


Sejarah Sate Taichan


Sate taichan adalah sate ayam yang dibakar tanpa kecap dan bumbu kacang. Nama Sate Taichan sudah dikenal sejak tahun 2016 yang lalu.

Awalnya sate ini berasal dari pedagang kaki lima yang berjualan sate madura di Senayan, Jakarta yang dikenal dengan nama Amir.

Saat itu ada pasangan Jepang yang membeli sate di sana. Sang lelaki memilih untuk membuat satenya dan memberi garam serta jeruk nipis lalu dimakan dengan  sambal.

Nah, saat itu pedagang bertanya tentang nama sate ini. Pembeli yang orang Jepang tadi mengatakan bahwa ini namanya Taichan.

Ada versi lain yang mengatakan tentang asal mula sate taichan, yaitu kehadiran ekspatriat Korea Selatan yang  suka makan sate ayam di warung sate daerah Senayan. Pembeli ini jadi kenal dengan pemilik warung karena sering makan di sini.

Lelaki yang berasal dari Korea Selatan ini kemudian memberi tahu cara membuat sate yang nantinya dikenal dengan nama sate taichan.

Bumbu yang digunakan adalah irisan cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih yang ditambahkan dengan garam. Selanjutnya bumbu tadi dihaluskan menjadi sambal sate taichan.

Nah, sekarang Sate Taichan ini sudah menyebar ke berbagai tempat di Indonesia, termasuk di kota tempat saya tinggal, yaitu Bandung. Saya pun jadi penasaran dengan rasa dari sate ini.

Saya pertama kali makan sate ini saat nemenin suami ketemu rekan kerjanya dulu, sambil katanya pengen lagi nyicip Sate Taichan.

Selama ini sate yang saya makan, ya, sate ayam atau sapi dengan bumbu kacang. Jadi pengen coba varian rasa baru sate taichan, yang menurut suamiku enak. Dia bilang rasanya lezat dan bikin nagih.

Nah, kira-kira di mana aja, sih, rekomendasi tempat makan sate taichan yang lezat dan terbukti laris manis? Meski banyak tempat makan sate taichan di Bandung, cobain deh makan di salah satu tempat ini!


3 tempat makan Sate Taichan yang enak dan ngehits di Bandung 


1. Sate Taichan Buah Batu Bandung


Makan di Sate Taichan Buah Batu
Makan di Sate Taichan Buah Batu,
via dokumentasi pribadi


Saya menuliskan pengalaman makan Sate Taichan Buah Batu ini sebenarnya masih edisi postingan lampau, sekitar bulan Agustus 2018 yang lalu. Suami udah dua kali makan di sini, pengen lagi makan sate Taichan katanya. Dulu sama rekan kerjanya dan sekarang ngajak saya dan anak.

Sate Taichan Buah Batu ini beralamat di Gedung Viersa, Lantai 3A Jl. Buah Batu No. 161, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

Di gedung Viersa ini ada tiga lantai, lantai satu ada  Donat Jco, kemudian ada sukitime di lantai dua. Nah, sate taichan ini adanya di lantai tiga.

Di seberang gedung Viersa ini ada McD. Jadi memang tempatnya saling berdekatan. Bisa sekalian kalau mau coba makan di tempat lain.

Saya datang ke sini siang hari saat itu, memang perlu naik tangga atau lift buat sampai ke sini, tapi suasananya oke juga soalnya ada di roftop.

Kayanya pas malam hari bakal bagus viewnya, ada lampu warna-warni yang menghiasi kafe dan view Bandung bisa dilihat dari lantai atas atau roftop gedung ini.

Jadi pas lihat menu Sate Taichan, ternyata banyak juga pilihannya. Kamu bisa cobain juga varian sate sapi, usus, telur, puyuh, udang, atau kerang.

Sate Taichan Buah Batu
Sate Taichan Buah Batu,
via dokumentasi pribadi

Nah, ternyata sambal dari Sate Taichan juga bervariasi. Ada sambal Taichan, sambal kemiri, sambal matah, sambal kecap. Ada juga saus Barbaque, Lemonade, dan saus Bangkok. Kata suamiku, yang paling enak sambal mozarelanya. Dicocol sama sate makin lezat rasanya.

Aslinya enggak cukup satu atau dua tusuk. Soalnya pengen lagi, bikin nagih, deh. Mungkin pengaruh saya yang udah kelaparan soalnya udah masuk jam makan siang  juga.

Kamu juga bisa cobain menu unik lain, yaitu sate seafood. Saya belum pernah coba, kayanya kalau nanti mampir pengen juga coba varian sate seafood ini.

Sebelumnya suami pernah makan bareng rekan kerjanya di sini juga. Makan barengan lebih seru, kayanya. Bisa pesan aneka rasa sate yang lezat.

Harga sate taichan ini cukup terjangkau sih menurut saya, kisaran harganya sekitar Rp. 19.500,00 s/d Rp. 38.000,00  per porsi. Satu porsi ini isinya 10 tusuk sate.

Kamu bisa memesan menu satuan atau menu paket berempat yang lebih asyik. Kadang lebih hemat beli paketan kalau makannya bareng-bareng.

Bisa pesan paket Combo Lok-Lok dengan Lima belas tusuk sate,  keju mozarela, tiga buah onigiri atau nasi putih, tiga pilihan saus yang berbeda, yaitu Saus BBQ, Lemonade, dan Bangkok, dan  sebuah pitcher lemon tea.


Paket Combo Lok-Lok Sate Taichan Buah Batu,
via dokumentasi pribadi


Kata suamiku yang pernah pesan paket Combo berempat, jadinya banyak banget. Saus BBQ enak, yang Lemonade berasa banget rasa mayo, dan saus Bangkok ini agak pedas.

Menu makanan di sini cukup banyak juga, ada nasi, lontong juga onigiri. Ada juga aneka menu nasi goreng, seperti  atau ayam bakar kalau pengen makanan selain sate di sini.

Jam buka Sate Taichan ini dari pukul 12.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Tepat jam makan siang atau makan malam kalau mau ngunjungin Sate Taichan Buah Batu. Tempatnya juga nyaman, cukup cozy, dan bisa lihat view cantiknya Bandung dari roftop gedung Viersa.

Sayangnya sejak pandemi beberapa bulan yang lalu tempat makan ini ditutup. Padahal saya mau makan lagi di sini dan pengen cobain makan sate seafoodnya.

Ya, sudahlah ternyata pandemi memang sangat berdampak juga terhadap pelaku usaha, termasuk obyek wisata lainnya di Bandung. Saya jadi kangen jalan-jalan ke tempat wisata yang bernuansa alam dan unik kaya di  Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali

Yuk, Kita lihat lagi dua rekomendasi tempat makan sate taichan yang enak di Bandung. Memang keduanya belum pernah saya cobain, tapi sudah cukup ngehits di Bandung.


2. Sate Taichan "goreng" Taman Sari


Sate Taichan Goreng Taman Sari,
via pergikuliner.com


Seorang selebgram remaja bernama Niko atau Okin telah mempolulerkan varian sate taichan lainnya, yaitu sate taichan goreng, ini cukup ngehits di kalangan millenial.
Sate Taichan Goreng ini beralamat di Jl. Tamansari No.19A, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

Konsepnya ala restoran gitu, soalnya pada awalnya sate taichan dikenal lewat penjual yang ada di pinggir jalan.


Sate Taichan goreng Taman Sari
Sate Taichan Goreng,
via @kulineran_aja


Sama seperti sate taichan Buah Batu yang beraneka ragam, ada juga sate taichan  dari usus, kulit, telur puyuh, kerang, udang dan cumi. Ada satu menu unik yaitu Aglio Olio Taichan yang mungkin enggak ditemukan di tempat lain.

Sambal yang terkenal di sini adalah sambal Saidah yang pedas. Diberi nama Saidah karena berasal dari racikan Saidah, seorang asisten rumah tangga Niko. Kamu bisa tambahkan nasi, lontong atau onigiri kalau belum kenyang.

Sate Taichan Goreng ini harganya cukup terjangkau sekitar Rp. 10.000,00 - Rp. 35.000,00 per porsinya. Sate Taichan Goreng ini punya pelanggan setia dan sering banget harus antri lama karena laris manis. Kerennya lagi, Sate Taichan Goreng ini udah buka cabang baru lagi di Ong Deng yang terletak di Jalan Banda, No. 2s, Kota Bandung. 

Salah satu tempat makan sate taichan yang laris manis, ya, di Sate Taichan "goreng" Taman Sari ini. Rasanya juga enak.

Jika Kamu mau berkunjung mencoba Sate Taichan Goreng Bandung ini, bisa datang buat makan siang atau dinner soalnya jam buka restorannya setiap hari
dari pukul 11.00 - 24. 00 WIB. 


3. Sate Taichan Bengawan 


Sate Taichan Bengawan Bandung
Sate Taichan Bengawan,
via pergikuliner.com


Salah satu rekomendasi sate taichan Bandung yang ketiga adalah Sate Taichan Bengawan. Sesuai namanya sate Taichan Bengawan ini memang ada di Jalan Bengawan, Riau No.66, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. 

Kamu bisa buat makan bersama keluarga, teman, dan rekan kerja di sini. Sate Taichan Bengawan ini dagingnya cukup besar dan empuk juga. Sate Taichan ini tersedia juga bumbu kacang dan bawang goreng. Biasanya, sih, sate Taichan disajikan tanpa bumbu kacang.

Satu porsi Sate Taichan Bengawan dijual seharga Rp. 22.000,00  Jika ingin menambah lontong ada tambahan Rp. 3.000,00. Cukup standar harga satenya. Jam buka Sate Taichan Bengawan ini dari pukul 15.00 WIB - 22.00 WIB.

Menarik banget, kan, sate taichan ini? Nah, Iduladha kemarin pasti dapat daging kurban, kan, ya? Biasanya dimasak apa aja, nih, Sahabat? Buat ide masak di rumah cobain, deh, olahan daging kambing yang mudah di masak seperti yang dituliskan oleh Mbak Wiwid.

Nah, gimana sama Sahabat Traveleannie, dari ketiga tempat di atas yang dikenal dengan rasa sate yang lezat dan ngehits, kira-kira tertarik enggak nyobain Sate Taichan Bandung?



Salam,







Senin, 29 Juni 2020

Mengunjungi Pinisi Resto yang Instagramble dan Kekinian di Bandung

Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali
Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali,
dokumentasi pribadi

Saya kembali menuliskan cerita traveling di tahun 2017 yang lalu saat mengunjungi Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali di daerah Ciwidey. Saat itu saya bersama teman-temannya suami mengunjungi tempat yang lagi ngehits di Bandung.

Beragam foto berseliweran di instagram membuat saya dan suami sepakat mengunjungi Glamping Lakeside Rancabali.

Biar tambah seru, suami ngajak juga temen-temennya ke sini. Bahkan ada yang jauh-jauh datang dari Semarang, loh.

Buat Sahabat Traveleannie yang penasaran sama destinasi wisata menarik di Semarang, saya pernah menuliskan 9 destinasi menarik saat mengunjungi ibu kota Jawa Tengah atau nama kerennya Venice Van Java.



Dua orang teman kerja ayahnya saat di Semarang datang berkunjung ke Bandung, katanya pengan jalan-jalan atau  traveling ke tempat wisata yang kekinian dan instagramble di Bandung.

Memang suami sempet kerja di Semarang sekitar tahun Akhir tahun 2016- pertengahan tahun 2017 yang lalu. Selain dua orang teman suami di Semarang, ada juga keluarga dari rekan kerja suami  saat dulu kerja Tree House Cafe Dago.  

Cafe ini jadi tempat makan andalan saat buka puasa bersama keluarga, reuni, dan rekan kerja suami. Beberapa kali saya mengunjungi Tree House Cafe ini.


Jadi, totalnya ada delapan orang yang mengunjungi Pinisi Resto ini, termasuk dua krucil. Saat itu, anak saya masih berusia setahun setengah, tepat November 2017,  dia berusia dua tahun dan ada juga anaknya temen yang usianya kurang dari setahun.

Bareng Sahabat ke Pinisi Resto
Mengunjungi Pinisi Resto bareng Sahabat,
dokumentasi pribadi


Tentang Pinisi Resto yang instagramble dan kekinian


Pinisi Resto yang kekinian
Berfoto di Pinisi Resto yang kekinian,
dokumentasi pribadi


Pinisi Resto adalah tempat makan unik berbentuk kapal pinisi yang ada di atas bukit, letaknya di pinggir Situ Patenggang.
Pinisi Resto ini ada di Kawasan Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey. Diambil dari filosofi kapal laut tangguh kebanggaan Indonesia, Kapal Pinisi.

Salah satu destinasi wisata di Bandung yang unik dan kekinian adalah Pinisi Resto ini. Dibuka pada Bulan Juli  tahun 2016 yang lalu dan langsung ngehits karena banyak dikunjungi wisatawan.

Memadukan konsep keindahan alam Bandung Selatan dan keanekaragaman kuliner khas daerah bikin betah saat mengunjunginya.

Untuk menuju ke Pinisi Resto, Sahabat Traveleannie akan melewati jembatan gantung buat sampai ke restoran.  Ada danau indah di sebelah jembatan, Sahabat Traveleannie bisa naik perahu untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

Banyak pengunjung, termasuk saya juga yang mengabadikan kenangan dengan berfoto di atas jembatan ini. Dulu saya berfoto bareng anak di jembatan ini.

Jembatan gantung Pinisi Resto
Berfoto di jembatan gantung,
dokumentasi pribadi

Di sebelah jembatan, ada sebuah danau yang indah. Banyak pengunjung yang mengambil kesempatan untuk berfoto saat melintasi jembatan ini. Spot yang cukup Instagramble buat ajang swafoto atau wefie.

Nah, selain bisa menikmati suguhan kuliner dan menikmati keindahan alam dari atas bukit, Kamu bisa sekadar ngopi, bersantai atau swafoto dengan beberapa spot yang instagramble.


Akses Menuju Pinisi Resto Glamping Lakeside



Berfoto di Dek Pinisi Resto
Bagian dek  kapal Pinisi Resto,
dokumentasi pribadi

Pinisi Resto yang beralamat di daerah Patengan, Rancabali, Bandung 40973. Letaknya di Glamping Lakeside Rancabali, yaitu tempat camping yang cukup ngehits di Bandung.

Kamu bisa menyewa salah satu glamping yang punya fasilitas  cukup lengkap denga parorama cantik menghadap Situ Patenggang. 

Rute untuk menuju ke Glamping Lakeside Rancabali sama dengan perjalanan menuju
 Ketiganya merupakan destinasi ngehits lainnya di Ciwidey yang bagus juga buat Kamu kunjungi.

Akses menuju Pinisi Resto melewati Kopo-Soreang-Ciwidey-Rancabali-Glamping Lakeside. Untuk menuju Kopo bisa melalui  leuwi panjang atau gerbang tol Kopo.

Kami berangkat dari jam  09.00 WIB dari rumah saya yang alamatnya di Gunung Batu, ini dekat pintu tol pasteur. 

Untuk menuju Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali di Ciwidey ini kurang lebih ditempuh dengan dua jam perjalanan dari rumah saya.


Harga Tiket Masuk Pinisi Resto


Memasuki area Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp. 20.000,00 per orang. Biaya parkir mobil Rp.5.000,00 per mobil.  Untuk nasuk ke area Pinisi Resto dikenakan biaya lagi Rp. 10.000,00 per orang.

Sebenarnya ada banyak destinasi wisata menarik di Glamping Lakeside ini, seperti
Teras bintang, Taman kelinci, Taman angsa, Jembatan Pinisi, Strawbery Farm, Patenggang Lakeside, Batu Cinta, Kawah Rengganis, naik perahu atau kano yang dikenakan tarif masuk berbeda mulai dari Rp. 10.000,00 - Rp. 35.000,00. 

Namun, saya memilih hanya mengunjungi Pinisi Resto saja, karena memang tujuan awalnya ke sini.


Kesan Mengunjungi Pinisi Resto


Ada beragam makanan khas daerah yang bisa Kamu nikmati di sini. Sayangnya dulu saya enggak sempat memotretnya karena anak saya dalam masa  aktif-aktifnya. Dia saat itu masih satu tahun setengah dan berjalan-jalan ke sana ke mari dan saya memang fokus untuk memperhatikan dia.

Saat itu saya inget pesan ikan bawal goreng, nasi liwet juga. Minumnya teh manis  anget dan bandrek. Harga makanan dan minumannya standar kafe umumnya.  Menu di Pinisi Resto bervariasi dari makanan tradisional dan western. Harga dan menu  makanan di Pinisi Resto bisa dilihat di bawah ini.

Menu makanan Pinisi Resto,
via Travelblog.id

Pinisi Resto ini terdiri dari dua lantai, lantai pertama sebagai tempat memesan menu makanan dan ada di area tertutup, sedangkan lantai dua untuk area makan outdoor dan spot favorit berfoto ada di bagian dek kapal. Hanya saat itu buat berfoto di sini perlu gantian sama yang lain. Cukup banyak juga yang datang ke sini soalnya.

Bagian outdoor Pinisi Resto
Bagian outdoor Pinisi Resto ,
dokumentasi pribadi


Jujur saja saya merasa kedinginan meski udah memakai jaket. Sepertinya perlu pakai kaos kaki juga biar enggak dingin. Untunglah anak saya saya pakaikan kaos kaki dan jaket tebal. Dokumentasi foto di sini diambil sore hari, tampak banget berkabut, kan, ya?

Cuaca di atas bukit ini memang dingin banget hawanya, jadi saya sarankan memakai jaket tebal dan kaos kaki agar merasa nyaman saat traveling ke sini.

Meski udaranya dingin, saya cukup terkesan dengan tempat makan unik berbentuk kapal Pinisi di atas bukit. Banyak spot Instagramble yang cocok buat foto-foto.

Jam buka Pinisi Resto ini dari pukul 07.00-24.000 WIB. Namun saat itu begitu jelang magrib, Kami pulang menuju ke rumah.

Sebuah perjalanan yang menyenangkan, bisa mengunjungi tempat makan unik berbentuk kapal Pinisi yang instagramble dan kekinian di Bandung.

Liburan bareng keluarga memang selalu menyenangkan, begitu pula cerita Mbak Aprilely Fitriana tentang liburan bareng bayi 

Gimana, nih, Sahabat Catatan Leannie, tertarik enggak buat mengunjungi Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali?



Salam, 





Entri yang Diunggulkan

3 Tempat Makan Sate Taichan yang Lezat dan Ngehits di Bandung

Postingan Populer