Yuk, Kunjungi 7 Pusat Oleh-oleh Bandung yang Legendaris dan Populer

29 komentar
Oleh Oleh legendaris dan populer
Oleh-oleh Bandung yang legendaris dan populer, via inshot

Buat yang sedang berkunjung ke Bandung dan mencari referensi pusat oleh-oleh kuliner Bandung legendaris dan dan populer, bisa baca tulisan saya ini ya.  Bandung memang surganya wisata. Baik dari segi kuliner maupun destinasi wisata banyak banget yang bisa dikunjungi di sini. Weekend biasanya macet parah terutama kalau mau pada jalan-jalan ke sekitaran Lembang, Dago atau Punclut. 

Nah, kalau Sahabat Traveleannie, dikasih kesempatan buat berkunjung ke Bandung pengen ke mana aja, nih? Buat yang dari luar kota, rasanya hampa kalau saat traveling ke Bandung pulangnya nggak bawa apa-apa buat dikasih ke saudara atau teman. 

Apa saja sih, pusat oleh-oleh kuliner Bandung yang legendaris dan populer? Simak tulisan saya di bawah ini, ya! Inilah 7 pusat oleh-oleh Bandung yang legendaris dan poluler!

1. Roti Sumber Hidangan 

Sumber Hidangan,
Ilustrasi dari jabartribunews.com

Sumber Hidangan adalah  kedai yang menjual berbagai roti jadul. Usianya mencapai 100 tahun. Legendaris banget, kan, Sahabat Traveleannie. Siapa yang penasaran ingin merasakan roti jadul ala Sumber Hidangan? 

Kedai yang dibuka pada tahun 1929 masih mempertahankan design interior yang klasik. Di sana Sahabat Traveleannie masih bisa melihat peralatan untuk menjual dan membuat roti zaman dahulu, contohnya saja mesin kasir, timbangan, dan lainnya.

Di Sumber Hidangan selain roti, ada juga bermacam-macam kue yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Selain itu, kedai ini menyajikan berbagai makanan berat, seperti nasi goreng, nasi goreng spesial, bistik, dan Wiener Schnitzel.

2. Kopi Aroma

Oleh-oleh Bandung Kopi Aroma
Kopi Aroma,
Ilustrasi dari instagram.com/kopiaromaofficial

Kopi Aroma jadi salah satu oleh-oleh Legendaris dari Bandung. Pecinta kopi pasti nggak mau melewatkan cita rasa Kopi Aroma yang sudah berdiri sejak 1930 dan sudah dikenal sampai ke luar negeri. 

Kopi Aroma bisa didapatkan langsung di Jalan Banceuy 51, Braga, Bandung. Cita rasa yang khas dari Kopi Aroma diperoleh dari proses penanaman organik serta penggunaan alat tradisional dalam pengolahannya.

3. Toko Roti dan Kue Sidodadi

Toko Sidodadi Bandung
Toko Roti dan Kue Sidodadi,
Ilustrasi dari instagram.com/toko_sidodadi_bandung

Oleh-oleh Legendaris Bandung selain Sumber Hidangan, ada Toko Roti dan Kue Sidodadi yang berdiri sejak 1954. Toko yang beralamat di Jl. Oto Iskandardinata No. 255, Bandung ini menjual berbagai roti otentik dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari 3 ribu rupiah saja. Ramah dikantong banget kan, ya?

Berbeda dengan toko lainnya, bangunan toko ini cukup sederhana dan tidak terlalu besar. Toko Kue dan Roti Sidodadi masih mempertahankan otentikasi resep dan kertas pembungkus rotinya pun masih sama seperti dahulu. 

4. Gepuk Ny. Ong

Gepuk Ny. Ong Bandung
Gepuk Ny Ong,
Ilustrasi dari instagram.com/gepuknyong

Jika mencari oleh-oleh gepuk khas Bandung, toko Gepuk Nyonya Ong adalah tempat yang harus dituju. Di gerai gepuk ini Anda bisa mendapatkan olahan gepuk Nyonya Ong asli khas Bandung. Lokasinya ada di Jl. Dr. Djunjunan, Jl. Pasir Kaliki dan Buah Batu.

Gepuk Ny Ong berdiri sejak tahun 1968 dan rasanya sangat lezat karena diproses dengan higienis. Gepuk ini dibuat dari daging sapi yang berkualitas, segar, bebas lemak, dan bumbunya berasa banget sesuai racikan resep tradisional. Dagingnya lembut, rasanya lezat dan cocok dijadikan sebagai lauk.

Sahabat Traveleannie bisa cobain lezatnya  chicken original, chicken spicy, beef original, beef extra spicy, beef salty, dan beef less sugar.

5. Kartika Sari

Pisang Bolen Kartika Sari
Pisang Bolen Kartika Sari,
Ilustrasi dari instagram.com/kartikasaribakery

Siapa sih yang nggak kenal dengan Pisang Bolen Kartika Sari? Rasa bolennya yang lezat pasti cocok untuk menjadi oleh-oleh khas Bandung. Kartika Sari ini sangat populer di Bandung dan sudah berdiri sejak tahun 1974.

Pisang Bolen merupakan olahan pisang dibalut dengan adonan pastry lalu dipanggang dan disajikan dengan aneka varian rasa seperti original, cokelat, keju, kacang hijau, dan durian yang bisa anda pilih sesuai selera. Saya paling suka rasa keju dan pisang coklat.

Selain pisang bolen, Sahabat Traveleannie bisa membeli brownies panggang, brownies khusus, banana roll, ataupun stik keju sebagai oleh-oleh. Kartika Sari ini cukup banyak cabangnya di Bandung, contohnya di darah Kopo, Antapani, Buah Batu, dan Cimahi.

6. Brownies Amanda

Amanda Brownies Bandung
Amanda Brownies, 
Ilustrasi dari instagram.com/amandabrownies

Brownies Amanda jadi pelopor oleh-oleh khas Bandung kekinian sejak tahun 2000 dan masih bertahan sampai sekarang. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut membuat Brownies Amanda jadi favorit banyak orang. 

Kini, Brownies Amanda sudah punya banyak Rasa dari original, cheese cream, blueberry, sarikaya dan lainnya. Sahabat Traveleannie sudah pernah cobain belum Brownies Amanda?

Setelah kemuculan Brownies Amanda, mulailah muncul makanan ngehits lain sebagai oleh-oleh Bandung yang kekinian. Nanti, saya akan menulis secara khusus tentang oleh-oleh kekinian khas Bandung ini.

7. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Bandung
Tahu Susu Lembang,
Ilustrasi dari instagram.com/tahulembang.id

Tahu Susu Lembang memiliki tekstur yang lebih lembut dengan rasa yang lebih gurih karena ada tambahan susu ke dalam tahunya. 

Tahu Susu Lembang atau dikenal dengan Tahu Bandung  memiliki kandungan protein tahu ini yang tinggi. Tahu Susu Lembang hanya ada di Lembang saja, karena memang tidak membuka cabang di tempat lain.

Itulah pusat oleh-oleh Bandung yang legendaris dan populer. Pokoknya kalau Sahabat Traveleannie lagi jalan-jalan ke Bandung. Jangan lupa berkunjung ke Sentra oleh-oleh Bandung ini, ya. 

Dari roti jadul Sumber Hidangan dan Toko Kue Roti Sidodadi hingga lezatnya Tahu Susu Lembang pasti jadi oleh-oleh yang disukai keluarga di rumah.

Di Bandung banyak sekali wisata menarik dan kuliner yang lezat. Seperti cerita rekan saya seorang lifestyle blogger, yang senang juga menulis banyak hal, termasuk traveling.

Jalan-jalan atau traveling ke Kota Kembang kurang lengkap tanpa membawa oleh-oleh khas Bandung yang saya tulis di atas. Nah, dari ketujuh pusat oleh-oleh khas Bandung yang legendaris dan populer tadi, mana nih yang jadi favoritnya Sahabat Traveleannie?


Salam,










Lia Yuliani
Salam ... saya Lia Yuliani dengan nama pena Leannie Azalea. Ini adalah blog kedua dari Catatan Leannie by lia.yuliani.com. Saya seorang lulusan DIV Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung. Momblogger, sekaligus Kontributor media online, dan Ghost Writer. Penyuka puisi dan traveling. Sudah puluhan artikel dibuat penulis sejak tahun 2018 dari berbagai media online seperti Idn Times dan Kompasiana. Telah menulis belasan antologi baik puisi, cerita anak, cerita remaja, dan non fiksi sepanjang tahun 2018. Silakan hubungi leannie.019@gmail.com untuk mengajukan penawaran atau kerja sama.

Related Posts

29 komentar

  1. Kuliner bandung memang terkenal enak dan lezat. Ah kepengen borong semuanya

    BalasHapus
  2. Tahu Lembang keliatannya enak nih. Sebagai penggerma tahu aku wajib nyicip nih. Jadi ngiler aku liatnya deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget Kak. Tahu Susu ini gurih dan lembut. Tinggal goreng aja udah enak dijadiin lauk

      Hapus
  3. Pemilik brownies Amanda yang di Bandung ini apakah sama dengan pemilik brownies Amanda yang di Makassar?

    btw, salfok sama bolennya, euy. kayaknya nikmat banget dimakan sore-sore dengan secangkir teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brownies Amanda memang udah buka cabang di Pulau Kalimantan, Sulawesi dan lainnya Kak. Bisa jadi memang ownernya sama.

      Hapus
  4. Jadi ingat, saat ke Bandung , aku beli oleh-olehnya di Kartika Sari
    Disana banyak macam oleh oleh khas Bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, iya, memang lengkap banget di Kartika Sari Mba Dee. Enak-enak makanannya

      Hapus
  5. Penasaran banget sama olahan Gepuk Ny. Ong nya nih, Mbak.. ini semacam serundeng atau abon gitu kah mbak? Kalau iya.. wajib banget dibeli kalau lagi main ke Bandung.. Bisa buat ganti lauk kalau lagi males masak 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gepuk itu olahan daging sapi, bentuknya kaya rendang gitu cuman bumbunya beda aja, Mba. Enak sih favorit saya banget, selain buatan ibu tentunya

      Hapus
  6. Saya selalu ke Kopi Aroma kalau lagi ke Bandung. Suami saya suka dengan kopi ini. Nah kalau gepuk Ny. Ong jadi favorit kami sekeluarga. Enak banget gepuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopi Aroma ini Legendaris banget ya Mba Myra. Rasanya juga otentik. Gepuk Ny Ong emang enak banget dijadiin teman makan nasi.

      Hapus
  7. Favoritku molen kartika sari sm bolu amanda, trus biasanya juga beli aneka keripik gitu tp di pusat oleh-oleh kaki lima 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang enak sih boleh ama browniesnya. Keripik juga aku suka beli, yang terkenal pedesnya keripik Ma Icih. Nanti mau saya tulis juga deh oleh-oleh Bandung kekinian setelah ini

      Hapus
  8. dari sekian banyak kok saya belum pernah ke gepuk Ny Ong ya?
    Hehehe...payah deh saya
    mungkin karena lebih tertarik snack dll dibanding lauk pauk
    juga gak ada temen yang pesen, biasanya mereka suka brownies amanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adikku yang suka makan Gepuk Ny. Ong. Enak emang, lembut teksturnya. Rasa rempahnya pas.

      Hapus
  9. Legendaris semuanya, apalagi Roti Sumber Hidangan sudah berdiri 100 tahun namun tidak berubah sama sekali suasananya, keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Legendaris banget tokonya. Masih bertahan sampai sekarang

      Hapus
  10. Selama ini taunya cuma kartika sari doang. Kalo udh terkenal mau di dal gang pun ya udh tau aja ya mbk...

    Ada satu lagi saya lupa namanya, bolen pisangnya ngga kalah enak kok sama kartika sari...

    kmrn karena lbh dekat jadi beli oleh2nya disitu dan ternyata enak jg

    BalasHapus
  11. Pisang bolennya menggoda ini, memang tepat buat jadi penganan disantap sendiri, bareng keluarga ataupun jadi buah tangan

    BalasHapus
  12. Baru dua kali ke Bandung, itu pun udah terbilang lama sih ya. Tahun 2015 dan 2016. Belum sempat eksplor banyak tempat, karena cuma sebentar di sana. Tapi lumayan tahu beberapa nama di atas, karena emang udah coba produknya. Macam Kartika Sari dan Brownnies Amanda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keduanya udah banyak dikenal orang. Soalnya rasanya enak sih.

      Hapus
  13. Jaman masih di bandung, kalau mudik pasti bawaannya bolen kartika sari sama brownies amanda. Sekarang di Malang pun brownies amanda ada.

    Kalau sekarang misal ke bandung, pengennya bawa gepuk Ny Ong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Nanik sekarang tinggal di mana? Memang Amanda ini udah banyak buka cabang di Indonesia. Keren ya

      Hapus
  14. Oh, kopi aroma itu oleh2 asli Bandung? Saya dulu pernah dikasih mahasiswa saya oleh2 kopi Aroma, tapi gak tahu dari siapa. Tahu2 sudah ada di meja saya, hehehe... Itu kopinya bener2 enak banget lo... Btw, selain kopi Aroma, saya paling suka boleh Kartikasari yang rasa keju...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul dokter, paling terkenal di Bandung. Enak pastinya, Legendaris banget Kopi Aroma ini. Pengolahannya juga masih klasik, pecinta kopi rata-rata suka kopi ini.

      Hapus
  15. Wah, makanan enak-enak sih ini mah. Aku suka semuanya. Tapi walopun begitu, dan walopun aku orang Bandung, huhu jarang aku makannya. Nyari ah sekarang. :D

    BalasHapus
  16. Saya yang pernah belanja di Kartikasari Bandung, pilihan kue dan menarik buat buah tangan.

    BalasHapus

Posting Komentar