7 Street Food Korea ala Drakor yang Ngehits dan Lezat Rasanya

29 komentar
Jajanan Korea ngehits dan lezat
7 Street Food Korea Ngehits dan Lezat,
via Picsart

Ketika nonton drakor, sering saya melihat pemainnya makan jajanan pasar yang keliatan enak banget rasanya. Jadi penasaran juga ama street food ala drakor yang cukup ngehits dan lezat rasanya. Saya pernah beberapa kali mengunjungi tempat makan Korea di Bandung. Memang makanannya termasuk jajanannya juga menggoda selera.

Jadi begitu nonton drakor, pas pemeran utamanya lagi jalan-jalan ke pasar rakyat, seru banget mereka nyicipin kulinernya. Jadi ngebayangin ada di sana dan ikut makan juga nih sayanya. Nggak cuman drakornya aja yang digandrungi ternyata kulineran Korea pun banyak juga penggemarnya di Indonesia. Harganya yang murah meriah bikin street food Korea laris manis diserbu wisatawan domestik maupun mancanegara.


7 Street Food Korea yang ngehits dan lezat

Makanan khas Korea Selatan itu banyak sih jenisnya, sama kaya makanan Khas nusantara di Indonesia yang kaya rasa pastinya. Begitu pula dengan Jajanan atau street food Korea. Nah, inilah 7 Street Food Korea ala drakor yang ngehits dan lezat!

1. Tteokbokki

Street Food Korea
Tteobokki,
via freepik.com/@jcomp

Tteokbokki merupakan salah satu street food yang cukup populer. Tteobokki merupakan kue beras yang memiliki tekstur yang kenyal, diberi tambahan saus merah dengan rasa pedas manis. Saya juga pernah cobain Tteobokki saat makan di salah satu kuliner khas Korea di Bandung. Rasanya lumayan juga. 


2. Odeng

Street Food Korea
Odeng,
via dokumentasi pribadi 

Saya juga pernah nyobain odeng ini. Saya dan anak suka banget deh, soalnya odeng ini teksturnya lembut. Odeng ini adalah sate daging ikan yang direbus dengan kuah kaldu. Lebih nikmat dimakan saat hangat. 


3. Gimbap

Street Food Korea
Gimbap,
via dokumentasi pribadi

Siapa nih penyuka Gimbap? Saya banget nih. Anakku juga samaan sih suka Gimbap. Sekilas mirip sushi ya, tapi isiannya beda. Gimbap ini isiannya sayuran dan daging. Ada wortel, mentimun, daging, juga telur.

4. Twigim

Street Food Korea
Twigim,
via instagram.com/@travelwithkarla

Twigim itu gorengan ala Korea nih Sahabat Traveleannie. Jadi kalau di Korea gorengannya hanya dibalur tepung lalu digoreng. Ada telur, ubi, udang, cumi-cumi, bakso, paprika, dan juga sayuran. Biasanya twigim dikonsumsi dengan ditambahkan kecap asin atau saus tteokbokki. Kayanya enak sih ini, belum pernah nyobain. Jadi kepengen deh.

5. Tteokebbi Hot Dog

Street Food Korea
Tteokebbi Hot Dog,
via instagram.com/@thecorndog_sa

Pernah nggak makan corn dog? Bedanya Tteokebbi Hot dog dengan corn dog adalah adonannya tidak dilapisi tepung roti, melainkan potongan-potongan kentang goreng, lalu digoreng lagi deh. Pasti rasanya enak banget! Kayanya nggak cuman anak-anak, saya juga bakalan suka.


6. Hweori Gamja

Street Food Korea
Hweori Gamja,
via instagram.com/@gna_ss

Hweori Gamja ini disebut juga kentang tornado. Bentuknya spiral dan ditusuk seperti sate. Buat yang suka camilan kentang pasti bakal suka Hweori Gamja. 


7. Bungeopang

Street Food Korea
Bungeopang,
via instagram.com/@dyahluvkitchen

Unik banget deh Bungeopang ini. Kue dengan bentuk ikan ini lezat pastinya. Isiannya berupa adonan kacang merah manis. Anak-anak pasti suka Bungeopang ini. Ada yang isiannya es krim pula. Wah penasaran, pengen nyobain deh. Konon katanya sih kue berbentuk ikan ini melambangkan keberuntungan.

Gimana Sahabat Traveleannie, bikin ngiler Kan ketujuh street food Korea di atas? Saat nonton drakor terus pemainnya pada makan jajanan ini jadi kepengen juga, seperti halnya Rani Noona  yang suka juga makanan Korea. Nggak kalah lezat ama kuliner Korea, Indonesia juga punya beragam jajanan lezat. Perlu nih menuliskan jurnal syukur karena banyak banget nikmat di hidup Kita yang harus disyukuri. Salah satunya nikmat sehat.

Itulah 7 Street Food Korea ala drakor yang ngehits dan lezat rasanya. Saya sih suka semuanya. Gimana ama Sahabat Traveleannie, di antara ketujuh Jajanan atau street food yang sering dilihat di Drakor mana nih yang paling pengen kalian cicipin?



Salam,





Lia Yuliani
Salam ... saya Lia Yuliani dengan nama pena Leannie Azalea. Ini adalah blog kedua dari Catatan Leannie by lia.yuliani.com. Saya seorang lulusan DIV Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung. Momblogger, sekaligus Kontributor media online, dan Ghost Writer. Penyuka puisi dan traveling. Sudah puluhan artikel dibuat penulis sejak tahun 2018 dari berbagai media online seperti Idn Times dan Kompasiana. Telah menulis belasan antologi baik puisi, cerita anak, cerita remaja, dan non fiksi sepanjang tahun 2018. Silakan hubungi leannie.019@gmail.com untuk mengajukan penawaran atau kerja sama.

Related Posts

29 komentar

  1. Kalau di sini kayaknya terkenalnya sama kentang spiral ya? Aku suka tuh, tapi anu ya.. sebagai street food, harganya sedikit lebih mahal daripada makanan lokal yang biasa dijual penjual makanan ya.. Hmm.. aku jadi pengen nulis yang serupa nih. Makasih idenya ya Mbak Lia

    BalasHapus
  2. Enak enakkkk semuaaaaa

    Aku paling suka yg corn dog/sejenisnya baik yg versi taburan kentang, maupun yg tepung rotu crunchy. Niqmaattt tiada tara
    Mupeng kulineran lagiii nih mbaaa

    BalasHapus
  3. Namanya familiar semua karena sebagiannya sudah banyak dijual di Indonesia juga ya Mbak, tapi sebagiannya lagi cuma tahu dari drakor saja, heheheee ...

    BalasHapus
  4. Ya Allah bener ini makanannya sering muncul di drakor hahaha. Liat Bungeopang keinget adegan mamanya Sun-Wo bawain itu pas jenguk bapaknya Taek Oh (Reply 1988 banget) hahaha.

    Ada satu lagi makanan yang aku familiar dan paling sering muncul di drakor. Yakni jjajangmyeon! nah ini udah wishlist banget pingin aku icip kalau nanti ke Korea :)

    BalasHapus
  5. Udah pernah icip2 makanannya, penasaran ama yang corn dog itu, tapi di sini kayaknya belum nemu ada yang jual. Yang odeng sama bungeopang enak banget.

    BalasHapus
  6. Tteobokki ini makanan yang palihg banyak di film-film Korea sepertinya. Terus pas nyantab ini makanan mereka biasanya menikmati banget dan ga berhenti gitu.

    BalasHapus
  7. Pernah coba beberapa, tapi gak ada di list di atas. Unik-unik ya kuliner Korea ini, namanya pun unik. Sampai sekarang, saya masih belum mampu nih ingat namanya, apalagi menuliskannya dengan tepat. Hahahah. Eh paling ingat tuh Dalgona Coffee ding~

    BalasHapus
  8. Kalo lagi dating ala ala school vibes emang enaknya makan street food sih yaa.. Jadi gak begitu dalem merogoh koceknya. Hihi.. Paling ayem kalau uda kena nasi, jadi pesennya gimbap.

    BalasHapus
  9. Yummyyyyy biasanya pas ngeDrakor muncul adegan makan makan daaan menu ini yg paling bikin ngilerrrrrr

    Aku mupeng semuaaaaa

    BalasHapus
  10. Tteobokki entah kenapa aku gak pernah suka kalau semisal gak dapat kuah yang pas. Jadi, saranku memang jangan beli Tteobokki yang sachetan atau instan. Wkwkwkwk. Mending beli langsung yang jual. Gimbab aku suka. Banyak sebetulnya kembaran makanan Korea di Indonesia ya, cuma namanya aja yang beda-beda. Mungkin karena memang Asia, semua makanan menginduk ke Cina. Jadi, wajar saja beberapa jenis makanan di Jepang, Korea, dan Indonesia itu bentuknya mirip.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kaya Kimchi ya..
      Kalo beli sachetan berasa bleehh banget walo kata orang, enak...enakk..
      Tapi kalo beli di resto yang memang menyediakan kimchi buat take away, ini aseli fresshh banget. Enaaakk~

      Hapus
  11. Udah nyobain sih tapi versi Indonesia. Pengen nyobain yang ori di negara asalnya

    BalasHapus
  12. Jajanan yang sering ada di drakor nih, cuman bisa telan ludah kalau liat jajanan jajanan ini. Kayaknya enak banget dan juga terjangkau harganya.

    BalasHapus
  13. Aku jadi kangen wiskul di Seoul 😍🤣. Tiap liat jajanan kaki lima gini ntah di jalan atau kedai2 stasiunnya, pasti beli mbaaa. Enak2 memang 🤤🤤. Apalagi harganya murah2. Korsel itu aku akuin kulinernya lebih enak drpd jepang, walopun untuk liburan aku LBH suka Jepang. Korsel lebih berani untuk makanan pedas. Trus porsinya gila sih, gede2 🤣

    BalasHapus
  14. Lidahku sepertinya ingin mencicip gorengan ala korea donk, Mbak, wuakakak. Rasanya kubayangin dulu kaya apa euy. Apakah sama kaya tempe mendoan, bakwan ala Indonesia? Cocol saos apa lombok ya? Pisang goreng ala korea apakah ada? Gorengannya mengandung protein semuanya ya, Mbak? *duh ngiler

    BalasHapus
  15. Yang terakhir itu baru tahu namanya Bungeopang. Aku nyebutnya es krim ikan. Haha...
    Tteobokki anakku suka banget tuh. Aku kurang cocok sih. Baru tahu sih kalau itu street food, soalnya jarang nonton drakor...hehe

    BalasHapus
  16. Ramyun manaaa... saya suka semuanya nih. Pas dulu ke Korea itu terkesan banget sama street foodnya Korea. Bersih-bersih banget. Jalanan pun gak kotor. Pas ditutup mereka bersihan semuanya hingga bersih.

    BalasHapus
  17. Ya Allah saya sangat penasaran dengan menu Korea ini. Rekomendasi nya bagus banget semoga bisa segera menikmati menu-menu ini.

    BalasHapus
  18. Mupeng banget sama menu-menu Korea ini. Walaupun belum pernah coba. Semoga suatu hari bisa mencoba menu ini

    BalasHapus
  19. Waduh, pagi-pagi begini baca ini auto lapar. Meskipun saya kurang favorit dengan jajanan korea, tapi tetep mupeng

    BalasHapus
  20. Wah sebagian besar makanan ini aku kenal lewat drama Korea dan beberapa udah di coba, aku suka sih makanan Korea soalnya pedas terus porsinya gede cocok buat anakku yang ngak pernah kenyang kalo jajan. Terima kasih mbak atas rekomendasi jajanannya.

    BalasHapus
  21. Gimbap yang isi daging dan sayur beuh mantap. Enak, sehat, bergizi pula

    BalasHapus
  22. Duh aku jadi ngiler membacanya. Tetapi sayangnya sampe sekarang belum ketemu street food Korea yang pas di Lidah. Sekalinya ketemu, harganya luar biasa, xixixi.

    BalasHapus
  23. makanannya semuanya memang menggoda, sudah mencoba beberapa makanannya, dan rasanya pas banget di lidah saya mba, kapan-kapan balik ke Korea lagi bisa cobain semua makanannya

    BalasHapus
  24. Baru tau yang kentang spiral masuk ke jajanan korea mbak, hihihi sejauh ini yang pernah dicoba yang kentang itu sama yang tteoboki hihihi

    BalasHapus
  25. Wah jajanan ala Drakor ini emang menggugah selera ya mbak
    Aku sudah coba beberapa
    Hanya ada dua yang belum pernah Bungeopang dan Twigim

    BalasHapus
  26. Penasaran sama si bungeopang, ini klo di Jawa semacam kue ku ya yang isinya kacang hijau itu. Mirip-mirip kayaknya hehehe... Klo yang kentang tornado udah pernah nyobain mbak, tapi kalau mau bikin sendiri susah ya, penggorengannya kudu panjaaaangg... :))

    BalasHapus
  27. Bahkan aku yang drakor hater aja hampir tau semua street food di atas kecuali nomor 4 sama 6 haha. Masif sekali memang promosinya ya

    BalasHapus
  28. Tteokpoki sama odeng aku suka banget sih. Tapi sayang, beberapa tteokpoki di restoran tuh suka beda2 :(((

    BalasHapus

Posting Komentar