Naik Pesawat bersama Bayi, Jangan Lupakan 5 Tips Penting ini!

22 komentar

 

Tips naik pesawat dengan bayi
Naik pesawat bersama bayi,
dokumentasi pribadi dan canva 

Naik pesawat bersama bayi? Saya sempat mikir gimana ya biar safety? Tips apa yang sekiranya bisa diterapkan biar aman sampai tujuan. Dulu sekitar tahun 2016 akhir, waktu anak saya belum genap setahun adalah sekitar 9-10 Bulan, keluarga kecil kami sempat pindah ke Semarang karena suami kerja di sana.

Sebenarnya ada kekhawatiran saat saya membawa anak saya naik Pesawat, takutnya kenapa-kenapa. Untungnya anakku alhamdulillah baik sih, nggak rewel. Anak saleh. Soalnya saya biasanya pergi di sekitaran Bandung aja sih ama anak. Kali ini harus ke luar Kota alias lintas provinsi. 


Kapan waktu bayi bisa naik pesawat dan berapa harga tiketnya?

Berapa harga tiket pesawat bayi
Kapan bayi naik pesawat dan tiketnya,
dokumentasi pribadi dan canva 

Saya sempat mencari tahu tentang kapan waktunya bayi diizinkan naik pesawat dan bagaimana dengan tiketnya? Setiap maskapai pasti punya kebijakan yang berbeda tentang idealnya usia bayi boleh naik pesawat, ada yang minimal 2 hari bahkan 14 hari.Nantinya dari pihak maskapai akan meminta surat keterangan dokter tentang kondisi bayi dengan fisik sehat dan siap untuk terbang. 

Namun, orang tua perlu tahu jika bayi dengan usia di bawah 2 minggu punya risiko lebih besar karena daya tahan bayi sangat lemah sehingga rentan tertular penyakit dari lingkungan sekitarnya, contohnya terpapar penyakit dari penumpang yang sedang batuk, flu atau terkena virus lainnya. Oleh karena itu, segera  berkonsultasilah ke dokter sebelum memesan tiket penerbangan untuk bayi.

Nah, pertanyaan selanjutnya apakah bayi harus membeli tiket penerbangan? Biasanya sih sebagian besar pihak maskapai mewajibkan bayi duduk di pangkuan orangtuanya. Dengan catatan, satu orang tua hanya boleh membawa satu bayi, tapi jika pergi ke luar negeri bayi tetap butuh tiket bahkan paspor. 

Ada juga maskapai yang memberikan tiket gratis untuk penumpang bayi. Setiap maskapai pasti punya kebijakan tersendiri mengenai tiket untuk bayi ini. Pastikan hal ini dibicarakan dengan pihak maskapai agar liburan berjalan lancar.


5 Tips penting naik pesawat bersama bayi

Tips naik pesawat dengan bayi
Tips naik pesawat dengan bayi,
dokumentasi pribadi dan canva 

Nah, sebelum saya berangkat naik pesawat, saya menyiapkan banyak barang. Soalnya sekalian mau nemenin suami kerja di Semarang. Buat yang baru pertama kali ngajak anak naik pesawat, inilah 5 tips naik pesawat bersama bayi!

1. Jam terbang yang tepat dan tempat duduk yang nyaman

Perhatikan jam terbang yang cocok untuk bayi istirahat, pastikan juga bayi merasa nyaman dengan memilih tempat duduk yang strategis dan nyaman.

2. Jangan sampai ada barang keperluan bayi yang tertinggal

Jangan lupakan barang-barang penting seperti di bawah ini ya, Sahabat Traveleannie 

🌷Stroller bayi

🌷Tisu basah dan popok

🌷Selimut dengan bahan yang lembut dan nyaman dipakai bayi

🌷 Penutup telinga, saya memakai topi dengan penutup telinga bayi

🌷Baju ganti untuk bayi

🌷Sendok bayi dan celemek dada untuk dipakai saat makan

🌷Baju atau kain khusus menyusui agar ibu merasa nyaman saat memberi asi

🌷Susu formula dan makanan ringan untuk bayi yang sudah MPASI

🌷Dot bayi atau tethering jika bayi sedang tumbuh gigi

3. Memberi makan bayi saat lepas landas atau mendarat

Usahakan untuk menyusui bayi ketika pesawat lepas landas dan mendarat. Perubahan suhu udara di dalam kabin akan membuat bayi rentan mengalami sakit telinga. Selain menyusui, empeng juga bisa menolong.

4. Membawa mainan favorit bayi

Membawa mainan favorit bayi bisa mengalihkannya dari rasa bosan selama perjalanan di dalam pesawat. Bisa membawa pesawat mainan, mobil-mobilan, buku cerita bergambar atau mainan lain yang membuat bayi anteng dan nggak mudah bosan.

5. Nikmatilah perjalanan dan rileks

Jadikanlah perjalanan bersama bayi hal yang menyenangkan. Nikmatilah perjalanan dan rileks. Buatlah momen ini hal yang berkesan untuk kalian. Bisa sambil mengajak ngobrol atau bahkan menyanyi bersama bayi. Biasanya anakku senang saya nyanyiin saat bepergian agak jauh kaya naik bus, kereta bahkan naik pesawat.

Akhirnya sampai juga di Semarang. Perjalanan Bandung - Semarang kurang lebih satu sampai satu setengah jam lamanya. Pada akhirnya hanya beberapa bulan saja saya di sana. Sampai akhirnya saya dan suami memutuskan untuk kembali ke Kota Kembang. Suami sudah tidak bekerja di Semarang dan bekerja lagi di Bandung pada akhirnya.

Senang sekali menuliskan cerita traveling, seperti kisahnya Mba Tri Suci sebagai  Travel Blogger Medan. Rasanya pengen juga mengunjungi obyek wisata Tanah Karo, deh. Semoga bisa kesampaian di lain waktu. 

Itulah pengalaman saya naik pesawat bersama bayi. Jangan sampai lupakan 5 Tips Penting tadi ya, Sahabat Traveleannie. Siapa nih yang punya pengalaman sama dengan saya saat traveling ke luar kota naik pesawat bersama bayi? Sharing juga dong pengalaman kalian.


Salam,




Lia Yuliani
Salam ... saya Lia Yuliani dengan nama pena Leannie Azalea. Ini adalah blog kedua dari Catatan Leannie by lia.yuliani.com. Saya seorang lulusan DIV Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung. Momblogger, sekaligus Kontributor media online, dan Ghost Writer. Penyuka puisi dan traveling. Sudah puluhan artikel dibuat penulis sejak tahun 2018 dari berbagai media online seperti Idn Times dan Kompasiana. Telah menulis belasan antologi baik puisi, cerita anak, cerita remaja, dan non fiksi sepanjang tahun 2018. Silakan hubungi leannie.019@gmail.com untuk mengajukan penawaran atau kerja sama.

Related Posts

22 komentar

  1. Ishh gumushhh amattt bayi udah bisa diajak naik pesawat.
    Memang agak sedikit ribet ya Bund.tapi....legaaaaaaa begitu tau all is well 👍😆

    BalasHapus
  2. Kalau saya dulu, saat anak-anak usia kurang dari 2 tahun, mereka nggak bayar tiket pesawat mbak. Setelah umur 2 tahun, baru deh bayar tiket, tapi harganya beda dengan tiket dewasa, lebih kecil nilainya.

    Nah anak-anak saya kan posturnya gedhe, jadi dulu kami selalu bawa akte berjaga-jaga kalau di dalam pesawat ditanyain sama pramugarinya

    BalasHapus
  3. Jadi ingat cuitan seseorang yg merasa terganggu dg tangisan anak di pesawat. Trus dia dibully deh...Ya gimana, kan pergi sama anak pakai pesawat kadang bukan pilihan, tapi keharusan. Dan, sekalipun sudah prepare segala perlengkapan tetep aja ada krmungkinan hal2 tak terduga. Aku mengalami itu ketika terbang berdua jogja - medan (waktu itu masing2 masih di bandara lama). Jogja - cgk aman. Begitu transit dan naik pesawat cgl - medan, balitaku tantrum. Nangis ga henti2 mulai dari masuk pesawat hingga pramugari selesai memeragakan peraturan terbang. Situasi yang sekarang bikin aku empati pada ortu2 dengan baby yg nangis dalam perjalanan pesawat.

    BalasHapus
  4. Belum pernah fly dengan bayi. Waktu itu pernahnya usia hampir 2 tahun. Deg2an juga aku. Memang persiapan harus ekstra ya mba namanya pergi sama anak apalagi masih baby. Jadi bayi usia 2 hari udah boleh ikut terbang yaa. .tapi ini alhamdulillah aman selamat sampai tujuan

    BalasHapus
  5. Sama banget aku sama kak Lis..
    Tapi aku di posisi yang bayinya rewel. Huhu.. suka ada aja saran dari orang-orang di pesawat kaya "Coba disusuin" atau "Mungkin bayinya ngantuk".

    Rasanya serba salah banget dah..
    Karena waktu itu aku new mom dan baru punya anak satu, semua saran yang diberikan orang-orang aku lakukan doonk.. demi menjaga keamanan.

    Tapi nyatanya memang mengajak bayo terbang kudu banget siap dengan kondisi-kondisi seperti itu dan semoga sang Ibu tetap tenang.

    BalasHapus
  6. Tips yang sangat bermanfaat sekali ya mom. Kebetulan ponakanku (anak adikku) ada rencana mau ke Manado naik pesawat. Thanks ya

    BalasHapus
  7. Aku pernaahh donk bawa bayi naik pesawat dan terjadi hal yang tidak diinginkan. Si bayik pup saat lepas landas, ahahaha. Itu rasanyaaa gak enak banget sama penumpang lainnya.

    Masalahnya pupnya buanyak dan bau, huhuhu. Banyaknya sampai keluarluar dari pampersnya, hiks.

    Begitu sudah aman untuk lepas seat belt, baru deh aku bersihkan di toilet pesawat. Baju aku juga terpaksa harus dikucek sedikit.

    Semogaa penumpang yang waktu itu memaafkan bau bauan yang tidak sengaja tercium itu deh yaa, ahaha

    BalasHapus
  8. Seumur-umur aku belum pernah ngajak anak naik pesawat. Selalu road trip kalo pergi bahkan sampai beda provinsi. Karena memang lebih suka perjalanan darat, bisa mampir ke kota yang disinggahi

    BalasHapus
  9. Kalau membawa bayi naik pesawat pertama kali pasti deg-degan ya. Kebayang betapa riweuhnya persiapannya. Tapi yang pasti bayi itu bisa rewel karena lapar, ngantuk dan bosan. Maka supaya nggak rewel pastikan bayi sudah kenyang, tidur yang cukup dan bawa mainan supaya nggak bosan. Pastinya seru dan pengalaman tak terlupakan ya membawa bayi naik pesawat..

    BalasHapus
  10. Pas bawa bayi naik pesawat tuh emang banyak banget barang yang harus dibawa. Aku malah bawa ASIP beku sekitar 10 botol saat bawa anak masih 3 bulan ketika mau ke Ambon. Soalnya aku harus tinggalin ke keluarga sementara aku liputan. Tapi seruu

    BalasHapus
  11. Penting bagi orangtua membuat dirinya nyaman dan siap double proteksi - mungkin dengan meminum vitamin atau malah makan yang enak - sehingga saat di pesawat si baby akan membca orangtuanya tenang, nyamaan dan mereka ikut merasa nyaman

    BalasHapus
  12. Mempersiapkan bayi sebelum perjalanan emang penting ya. Kadang kan ada anak yang kurang nyaman dan jadi rewel. Catet tipsnya supaya nanti bisa diterapkan saat punya bayi

    BalasHapus
  13. Tipsnya sangat berguna maaak buat ibu2 yg akan melakukan perjalanan udara bersama bayi.

    BalasHapus
  14. pernah ngajak anak sulung naik pesawat usia dia 9 bulan. haduuh hebohnya. karena anak segitu kan lagi belajar berdiri dan jalan kemana-mana hahaha

    BalasHapus
  15. Mengajak bayi naik pesawat memang nggak mudah ya mbak
    Banyak hal yang harus dipersiapkan
    Kalau semuanya sudah siap, maka akan tetap nyaman mengajak bayi naik pesawat

    BalasHapus
  16. Nah iya mesti diperhatikan tips naik pesawat bersama bayi ini, jadi bisa mempersiapkan diri. Aku ngajak anak sulungku usia 2 bulan naik pesawat Surabaya-Medan. Anak bungsu usia yang sama pesawat Jakarta-New Orleans. Sempat tantrum gitu syukur pas hampir sampai mungkin karena terlalu lama durasi terbangnya.

    BalasHapus
  17. Kadang memang mau tak mau harus bawa bayi naik pesawat. Misalnya pas mudik, Kan ga mungkin dititipin tetangga.
    Meski lebih repot tapi insyaAllah aman dan nyaman bagi anak kalau ikutin tips ini.

    BalasHapus
  18. Aku pernah punya pengalaman bepergian ma baby sendirian, anaklu sempat nangis, untungnya penumpangnya baik2 mau bantuin hehe. Bahkan ada yang mengira aku bepergian sama bbrp org krn kok keliatannya mereka membantu aku banget. Pdhl gak kenal aslinya. Banyak doa aja deh kalau ma baby berdua terbang alhamdulillah ketemu org baik😁
    Btw tipsnya bermanfaat banget pastinya nih buat para mahmud 😁

    BalasHapus
  19. Memang harus mempersiapkan bener2 yaa kalau hendak perjalanan panjang bersama bayi. Apalagi kalau naik pesawat nih, ada resiko perubahan tekanan udara dan gendang telinga jadi sakit. Klo orang dewasa sudah tau cara mengatasinya, tapi kalau dedek bayi tentu saja belum bisa.

    BalasHapus
  20. Mengajak anak bayi naik pesawat emang PR banget ya, banyak yang harus dipersiapkan. Jadi ingat anakku, belum pernah aku ajak naik pesawat sama sekali dan jadi terbayang berkat tips ini, makasih ya mbak ~

    BalasHapus
  21. Cukup tricky ya Mak kalau misal harus sendirian bareng si kecil saat naik pesawat gini. Tapi aku pernah liat tips di TikTok, ada yang menyarankan untuk bikin anak capek dulu dengan membiarkan dia lari-larian dan main sepuasnya sampe tenaganya abis. Lalu pas jadwalnya terbang, udah capek dan tinggal tidur deh. Kayanya berlaku kalo jadwal terbangnya tepat ya Mak wkwkwk

    BalasHapus
  22. Kalo bayinya ngASI sedikit terbantu sebab kalau haus tinggal kasih ASI.
    Yang paling repot kalo anak full sufor, waduh harus bawa-bawa susu dan botolnya kemana berada termasuk di kursi pesawat.

    Btw, terimakasih BL nya ya mbk :)

    BalasHapus

Posting Komentar