Mengunjungi Penangkaran Rusa Ranca Upas Ciwidey Kab Bandung

26 komentar
Tempat penangkaran rusa Ranca Upas
Mengunjungi Ranca Upas,
via dokumentasi pribadi 

Setelah pandemi dua tahun lalu, saya mengunjungi tempat penangkaran rusa di Rancaupas Ciwidey Kab Bandung. Anak saya senang sekali ketika tahu akan melihat dan memberi makan Rusa di Rancaupas. Saat new normal dan ingin jalan-jalan karena udah lama banget stay at home, Kami sekeluarga memilih mengunjungi tempat wisata yang bernuansa alam saja. Dipilihlah Rancaupas. 

Tepatnya Sekitar dua tahun lalu, di Bulan Oktober 2020 lalu, Kami mengunjungi tempat penangkaran rusa di Ciwidey Bandung. Ciwidey menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bandung, selain Lembang, Punclut atau Dago. Nah, satu destinasi wisata di Ciwidey yang cukup ngehits adalah Rancaupas. 

Dulu zaman saya masih kuliah biasanya kalau ada acara kemping di kampus biasanya ke Rancaupas ini. Kemarin-kemarin pengen ke sini karena ingin melihat langsung dan memberi makan rusa dari dekat. 

Ranca Upas berada di lokasi strategis di tengah kawasan wisata Ciwidey. Lokasinya dekat dengan Kawah Putih Ciwidey, Glamping Lakeside Rancabali, Ciwalini hingga Situ Patenggang. Saya pernah ngunjungin Glamping Lakeside Rancabali dan makan di Pinisi Resto. Ini udah cukup lama juga. Saat anakku masih berusia tiga tahunan. 


Fasilitas Rancaupas

Fasilitas Ranca Upas, dokpri

Selain fasilitas kemping atau kemah dengan suasana alam yang asri dan hijau karena area sekitar Ranca Upas Bandung dikelilingi hutan lindung dengan beragam flora dan fauna. Cuaca di sini cukup dingin, apalagi saat pagi hari diselimuti kabut tipis.

Kemping di Ranca Upas, dokpri

Udara dingin dan kabut tipis siap menyambutmu saat membuka mata di pagi hari. Sebuah tempat bernuansa alam yang tepat untuk refresh energy atau healing. Sejuk rasanya menghirup udara di sekitar sini. 

Ada beberapa fasilitas lain selain kemah di Rancaupas, di antaranya kolam renang air panas, flying fox, wisata berkuda, kids play ground, archery, glamping, penginapan bobocabin yang Instagramable dan tempat penangkaran rusa.

Nah, akhirnya saya dan keluarga memilih ke penangkaran rusa di Rancaupas. Anakku udah happy banget, dia selama ini cuman tahunya rusa di buku aja atau lihat di televisi. Saat itu anakku bilang mau pegang rusa, terus kasih makan wortel katanya.


Akses menuju Rancaupas 

Akses menuju Ranca Upas, dokpri

Ranca Upas beralamat di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973. Akses menuju Ranca Upas sebenarnya cukup mudah, bisa dengan kendaraan pribadi seperti kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Saat itu saya berangkat naik motor dari rumah. Kami berangkat sekitar pukul 09.00 WIB atau 09.30 WIB dari rumah Kami yang letaknya dekat dengan Tol Pasteur. Hanya saja dulu Kami mengambil rute ke arah lain, yaitu ke arah Soreang. 

Setelah berada di Alun-Alun Soreang, menuju Jalan Raya Soreang. Setelah itu berjalan ke arah Barat melewati jalan Soreang-Ciwidey. Kami sampai di Ranca Upas sekitar pukul 11.30 WIB. Ini udah termasuk istirahat di jalan dulu beberapa saat.

Dari pusat Kota Bandung atau dari Alun-alun Kota Bandung menuju Ranca Upas membutuhkan waktu selama 1,5 jam. Dari Alun-alun Kota Bandung menuju ke arah Tol Soroja. 

Selain dari Alun-alun, jika berangkat dari arah Cimahi atau Jakarta bisa melewati gerbang Tol Pasteur lalu keluar menuju Tol Soroja, ini bisa menghemat perjalanan sekitar kurang lebih 15 menit.Untuk pengunjung yang berasal dari Jakarta, bisa langsung keluar menuju Tol Soroja. Perjalanan ini membutuhkan waktu selama 2,5 jam sampai 3 Jam menuju Ranca Upas.

Akses masuk utama menuju Bumi Perkemahan Ranca Upas yaitu dari Jalan Provinsi Ciwidey Rancabali setelah melewati Pintu Gerbang Kawah Putih dan eMTe Highland Resort.

Nah posisi pintu gerbang terletak di sebelah kanan jalan. Dari jalan raya provinsi menuju ke arah pintu gerbang utama Ranca Upas bisa dilewati kendaraan pribadi dan umum, baik kendaraan roda dua, empat bahkan bus.


Melihat dan memberi makan rusa di Rancaupas 

Memberi makan rusa, dokpri

Begitu sampai ke Rancaupas, udaranya cukup dingin. Pastikan memakai jaket atau sweater tebal agar tidak kedinginan. Lebih baik memakai sepatu plus kaus kaki atau sarung tangan agar merasa nyaman, tanpa kedinginan. 

Biaya masuk kendaraan atau tarif parkir roda dua sebesar 3000 rupiah. Jika menginap di Glamping atau berkemah dikenali harga 5000 rupiah. Sedangkan biaya kendaraan roda empat sebesar 10 ribu rupiah dan jika menginap dikenai tarif yang sama yaitu 10 ribu rupiah. 

Untuk harga tiket masuk Rancaupas domestik dikenai harga 15 ribu rupiah, sedangkan untuk harga tiket masuk wisatawan mancanegara sebesar 25 ribu rupiah.

Sebelum ke tempat penangkaran rusa, saya melihat ada area main anak atau kids zone. Anakku bilang pengen main ke sini. Akhirnya main dulu, nemenin anak. Dia main ayunan, perosotan, dan menuju permainan lain di sana. Ada flying fox mini untuk anak. Hanya saja anakku nggak main ini.

Kids Zone Ranca Upas, dokpri

Setelah puas main, anakku nagih pengen liat rusa. Akhirnya Kami memasuki tempat penangkaran rusa. Dari awal pintu masuk udah ngantri aja. Ternyata pandemi dan situasi new normal nggak menghalangi orang buat jalan-jalan, termasuk mengunjungi Rancaupas. Banyak yang memilih mengunjungi tempat bernuansa alam seperti saya.

Kami membeli tiga tiket masuk ke tempat penangkaran rusa. Rasanya senang sekali melihat view sekeliling Rancaupas yang hijau. Rusa-rusanya juga banyak. Mereka jinak, sih. Anakku sempat pegang dan ngelus rusa. 

Memegang rusa di Ranca Upas, dokpri

Anakku juga kasih makan wortel buat rusanya. Diajak selfie juga rusanya ama anakku biar ada kenang-kenangannya. Banyak banget yang mengabadikan Kenangan dengan berfoto di tempat penangkaran rusa Rancaupas ini. Memang tempatnya instagramable banget. Cocok buat foto-foto. 

Anak memberi makan wortel, dokpri


Berfoto dengan rusa, dokpri

Seru banget pokoknya bisa mengunjungi Ranca Upas. Tempat yang rekomended buat traveling bareng keluarga. Makanan yang dijual di sini berupa warung sih. Dulu saya beli mie rebus ama nasgor. Makanan rumahan dengan harga terjangkau. 

Minuman juga pesan teh hangat atau bisa pesan jeruk hangat. Sengaja pesan yang anget soalnya udah masuk tengah hari pun masih berasa dinginnya.

Saya senang menuliskan pengalaman mengunjungi berbagai tempat atau traveling bareng keluarga. Seperti halnya Travel Blogger dan Book Reviewer, Mba Annie Nugraha. Rasanya dengan menuliskan pengalaman berkesan saat traveling, suatu saat ketika membacanya kembali akan memunculkan rasa bahagia tersendiri ketika mengingat momen tersebut.

Itulah keseruan mengunjungi tempat penangkaran rusa di Ranca Upas Ciwidey Kab Bandung. Happy banget bisa melihat dan memberi makan rusa secara langsung. Traveling bersama keluarga memang menyenangkan. Nah, Sahabat Traveleannie, kalau berkunjung ke Bandung tertarik nggak nih melihat rusa di Ranca Upas? 


Salam,







Lia Yuliani
Salam ... saya Lia Yuliani dengan nama pena Leannie Azalea. Ini adalah blog kedua dari Catatan Leannie by lia.yuliani.com. Saya seorang lulusan DIV Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung. Momblogger, sekaligus Kontributor media online, dan Ghost Writer. Penyuka puisi dan traveling. Sudah puluhan artikel dibuat penulis sejak tahun 2018 dari berbagai media online seperti Idn Times dan Kompasiana. Telah menulis belasan antologi baik puisi, cerita anak, cerita remaja, dan non fiksi sepanjang tahun 2018. Silakan hubungi leannie.019@gmail.com untuk mengajukan penawaran atau kerja sama.

Related Posts

26 komentar

  1. Tertarik banget Teh 🤩.
    Ini jadi wisata keluarga yang seru, apalagi daku di sini ada duo ponakan yang lagi lucu²nya hehe. Siip in-syaAllah bisa berkesempatan ke sana

    BalasHapus
  2. Tertarik banget mba. Secara saya belum pernah berkunjung ke penangkaran rusa rancaupas Bandung ini. Apalagi di Ciwidey banyak pilihan destinasi wisata lainnya juga. Bisa puas menjelajah, seharian malah kurang yaa.

    BalasHapus
  3. Udah beberapa Kali ke Bandung tapi Blum pernah mampir ke ciweday next mau bangt nih foto dengan rusa..luas ternyata ya mba...dah gitu jinak2 Juga rusanya..

    Anak2 pasti suka banget ini pengalaman baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, Mba. Aman kok. Saya juga pegang rusanya nggak apa-apa

      Hapus
  4. Aku kalau ke Ciwidey biasa nginep di Kampoeng Strawberry, nah ke Ranca Upas deket dari situ. Bisa ngasih makan rusa ya, jinak2 rusanya. Biasanya dari sana lanjut ke kawah putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru juga nih Mba ke Kampun Strawberry ama kawah putih ya

      Hapus
  5. duh udah lama pingin ke Rancaupas
    sayang anak2ku kalo ke Bandung selalu mepet2 hari liburnya
    Kayanya harus direncanain jauh hari ya? Supaya cita2 ke sini bisa tercapai :D

    BalasHapus
  6. Asyik ya mbak, berwisata di alam terbuka, bisa kasih makan rusa. Apalagi rusanya jinak-jinak gitu. Walau ramai pengunjung, tapi mereka santai aja

    BalasHapus
  7. Aku sukaaakk bgt wisata kyk gini.
    Bisa interaksi dgn rusa
    Aduhh mupeeeng

    BalasHapus
  8. Salahsatu lokasi untuk pembuatan film penyanyi favoritku mbak, " eh kalau ga salah ya". Tapi waktu dulu tahu wisata penangkaran rusa Rancaupas ini, saat diliput di statsiun televisi mbak
    Kalau saja ke Bandung, pasti nggak akan melewatkan wisata alam satu ini mbak
    Sekalipun rame gapapa, pengalamannya itu yang nggak kaleng2 dah interaksi sama rusa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakah, dulu ada syuting di sini? Mungkin aja sih. Asyik soalnya bagus viewnya

      Hapus
  9. MashAllah~
    Aku belum pernah ke Ciwidey.. Rasanya ya mager, hhuhuu...takut dingin.. huhu.. Padahal seseru ini bermain bersama rusa yang besar dan gagah. Jadi ingat kartun Elsa yaa.. Si temennya Olaf.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jauh juga Teh. Aku naik motor ke sini, hehe ... Alhamdulillah happy lah kalau udah sampai sini

      Hapus
  10. Anak-anak pasti takjub banget ya bisa pegang rusa secara langsung, biasanya cuma bisa tau lewat buku dan tontonan. Biaya masuknya juga terjangkau banget. Mudah-mudahan suatu saat kami bisa ke sini

    BalasHapus
  11. Seru banget Mbak jalan-jalan ke Penangkaran Rusa Rancaupas. Bisa camping , menikmati alam, kasih makan rusa, maen di kids zone, beli makanan rumahan...wah, anak-anak pasti senang diajak ke sini. Bisa ku agendakan nih nanti

    BalasHapus
  12. Wah seru juga ya mbak bisa jalan-jalan ke Penangkaran Rusa Rancaupas ini
    Selain menikmati suasana alam, juga mendapatkan pengalaman unik memberi makan rusa ya

    BalasHapus
  13. Waaah aku jadi makin pengen kesini. Kemarin mau foto keluarga gitu, fotografernya menyarankan di ranca upas, katanya vibes nya aesthetic. Hehe. Tapi hari libur sepertinya mulai ramai ya mbak?

    BalasHapus
  14. Ini sebenernya udah lama masuk ke listku juga kalo ke Bandung mba. Tapi masalahnya ke Bandungnya ini yg belum tahu bisa kapan 😅. Udaah lamaaaa bgt ga kesana. Padahal sebelum pandemi sering.

    Anakku juga suka tempat wisata yg ada hewan2nya gini, apalagi kalo bisa kasih makan mereka. Seneeng udah 😅. Trus nginepnya di bobocabin. Ini juga salah satu yg mau aku coba. Seru kayaknya stay di Deket hutan gitu, apalagi penginapannya juga unik ❤️

    BalasHapus
  15. Duh saya masih dendam sama daerah Ciwidey nih. Bolak-balik ke Bandung, gak pernah sampai ke Ciwidey. Padahal banyak tempat rekreasi di area ini ya. Cus ah kapan-kapan rekreasi ke daerah ini.

    BTW, makasih untuk backlinknya ya Lia. Semoga berkah untuk kita semua.

    BalasHapus

Posting Komentar