7 Aktivitas Seru saat Staycation bareng Keluarga ala Traveleannie

65 komentar
Aktivitas seru saat staycation
Aktivitas seru saat staycation,
via dokumentasi pribadi dan canva

Staycation bareng keluarga menjadi salah satu aktivitas seru dan dapat meningkatkan bonding satu sama lainnya, bener engga Sahabat Traveleannie. Sejak pandemi, saya mengurangi kegiatan di luar kecuali urgent banget, tapi ternyata traveling itu ngangenin juga. 

Kangen traveling, akhirnya memilih mengunjungi tempat wisata yang bernuansa alam atau staycation sebagai solusinya. Aktivitas traveling ini baru saya lakukan di akhir tahun 2020 yang lalu dan ini pun terhitung jarang. 

Nah, beberapa waktu yang lalu saya sempat staycation di Bandung dan luar kota. Ini emang nyambi karena ada keperluan kerjaan dan juga acara keluarga. 


7 Aktivitas seru saat staycation ala Traveleannie

Swimming time,
via dokumentasi pribadi

Staycation bisa jadi kegiatan yang seru dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Ada 7 Aktivitas seru yang bisa dilakukan saat staycation ala Traveleannie, diantaranya :

1. Serunya berenang saat staycation

Anak berenang
serunya berenang saat staycation,
via dokumentasi pribadi

Pertimbangan untuk staycation bareng keluarga adalah kolam renangnya. Soalnya anakku seneng banget berenang. Salah satu kolam renang yang cukup luas dan ada tempat main anak kaya perosotan bikin anak happy banget.

2. Menikmati kebersamaan saat makan bersama

Menikmati saat staycation
Menikmati kebersamaan saat makan bersama, via dokumentasi pribadi

Makan bareng keluarga jadi hal yang menyenangkan. Saat staycation bisa membuat bonding semakin lekat dan membuat Kami menikmati kebersamaan.

3. Hunting spot foto Instagramable

Hunting spot foto instagramable,
via dokumentasi pribadi

Hunting spot foto yang instagramble terasa menyenangkan saat staycation. Kenangan saat   staycation bisa diabaikan lewat dokumentasi foto atau video. 

4. Menikmati keindahan alam sekitar hotel atau resort

Menikmati keindahan alam saat staycation
Menikmati keindahan alam saat staycation,
via dokumentasi pribadi

Saya begitu menikmati saat staycation di tempat yang bernuansa alam yang hijau Dan asri. Begitu senangnya  saya berjalan-jalan dan menikmati keindahan alam sekitar hotel atau resort.

Baca juga : Mengunjungi Pinisi Resto Glamping Lakeside Rancabali

5. Me Time berkesan saat staycation

Me time saat staycation
Me time ala Dzaky 🤣,
via dokumentasi pribadi

Meski traveling bareng keluarga, ternyata staycation juga bisa membuat me time lebih berkesan dengan memakai fasilitas hotel seperti berendam di bathtub atau spa hotel.  Setelah me time bisa membuat pikiran lebih fresh, sekaligus refresh energy.

6. Mengajak anak bermain di area anak atau Kids Club 

Bermain di Kids Area Hotel,
via dokumentasi pribadi

Sebelum pandemi, saya memilih hotel atau resort dengan fasilitas Kids Club atau ada area bermain anaknya. Rasanya senang sekali melihat anak tersenyum bahagia saat menikmati waktu bermain yang menyenangkan.

7. Bermain game seru bareng anak di Plays.org


Bermain game Plays.org
Bermain game Plays.org,
via dokumentasi pribadi

Bermain game bisa jadi solusi agar anak tidak mudah bosan atau jenuh. Rasanya seru banget menemani anak main game di Plays.org karena ada banyak sekali pilihan game anak di situs ini. Kadang saya juga main Plays.org. Ada beberapa game masa kecil yang bisa dimainkan di sini. Berasa nostalgia, seneng pokoknya. 


Plays. org, rekomendasi situs game online gratis 

Plays.org, free online game
Plays.org, Free online game;
via Canva

Plays.org merupakan situs games online atau platform yang bisa diakeses dengan Hp atau smartphone, laptop, PC, atau tab secara mudah dan tidak usah di download dulu. Gampang banget mainnya asal punya kuota internet. 

Ada berbagai kelebihan Plays.org yang membuat saya dan anak tertarik main game di sini, diantaranya :

a. Tidak perlu register atau daftar akun supaya dapat bermain di Plays.org.

b. Tersedia ratusan game pilihan buat dimainkan lewat Plays.org dari game jadul yang membuat tekenang nostalgia masa kecil, preschool games, education games, stimulasi, olahraga dan banyak pilihan kategori lain.

c. Plays.org mudah dimainkan oleh anak juga dewasa karena bisa memilih permainan yang sederhana dan tidak terlalu rumit untuk memainkannya.

d. Games yang sudah dimainkan, skornya tersimpan otomatis di web

e. Tidak ada iklan di situs Plays.org

Dengan berbagai kelebihan situs ini, Plays.org menjadi salah satu rekomendasi situs game online gratis buat saya dan anak.


Serunya bermain game anak di Plays.Org


Ada banyak sekali pilihan game online di Plays.org, karena bisa dimainkan oleh berbagai usia dari anak hingga dewasa. Saya memilihkan game online khusus anak. Inilah beberapa permainan yang jadi favorit anak saya.

1. Arcade Classic : Neon Invanders

Neon Invanders by Plays.org
Neon Invanders by Plays.org,
via Canva

Seru banget main Arcade ClassicNeon Invanders ini. Jadi inget game yang saya mainkan zaman dulu.  Cara mainnya mudah banget, cukup tembak pesawat lawan sesuai posisinya, sampai tidak ada lagi pesawat lain. Senangnya menenangkan game Neon Invanders. Setelah ini bisa melanjutkan ke level lebih tinggi. Anak saya pun cepat paham permainan ini, dia juga senang bermain Neon Invanders.


2. Tetra Block : NeonTetris, Inspired Game Online 

Tetra Blocks by Plays.org,
Tetra Blocks by Plays.org,
via Canva

Tetra Block : Neon Tetris Inspired Game online for free  ini adalah salah satu game favorit saya sejak kecil. Begitu tahu ada game ini, saya ajarin anak juga main. Dia seneng main Tetra Block, tinggal ubah posisinya lalu biarkan tersusun rapi. Semakin banyak yang tersusun dengan rapi, bisa dapat poin. Senangnya saya dan anak bisa memainkan ini.


3. Virtual Xylophone

Virtual Xylophone by Plays.org
Virtual Xylophone by Plays.org,
via Canva

Virtual Xylophone ini bisa jadi game menarik buat anak bermain musik. Mudah sekali memainkannya. Cukup klik saja aneka tuts dari Xylophonenya. Anak saya cukup terhibur dengan game ini. Dia juga senang mendengarkan musik xylophone Di sini.

Ketiga game di atas kesukaan anakku banget. Saat staycation bareng keluarga, terkadang agak kebingungan mengisi waktu dan mengusir jenuh. Permainan di atas cukup sederhana dan mudah dimainkan, bahkan anak-anak pun tidak kesulitan untuk bermain game di Plays.org. Seru, pokoknya.

Staycation jadi kegiatan yang menyenangkan dan meningkatkan bonding satu dengan lainnya. Itulah 7 Aktivitas Seru saat staycation bareng keluarga ala Traveleannie. Nah, share juga dong, kalau Sahabat Traveleannie  merasa bosan ketika staycation kira-kira ngapain aja? Yuk, sharing pengalamannya di kolom komentar!



Salam,














Lia Yuliani
Salam ... saya Lia Yuliani dengan nama pena Leannie Azalea. Ini adalah blog kedua dari Catatan Leannie by lia.yuliani.com. Saya seorang lulusan DIV Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung. Momblogger, sekaligus Kontributor media online, dan Ghost Writer. Penyuka puisi dan traveling. Sudah puluhan artikel dibuat penulis sejak tahun 2018 dari berbagai media online seperti Idn Times dan Kompasiana. Telah menulis belasan antologi baik puisi, cerita anak, cerita remaja, dan non fiksi sepanjang tahun 2018. Silakan hubungi leannie.019@gmail.com untuk mengajukan penawaran atau kerja sama.

Related Posts

65 komentar

  1. Ah iya, asyiknya bermain di Plays.org kita tidak perluregistrai ya dan bebas bermain apa saja. Kayaknya ada ribuan game di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mba. Seru banget ya bisa main Plays.org

      Hapus
  2. jadi inget, dulu sering banget nemenin anak main games

    sekarang nemenin keponakan2 main games di Plays.org

    dan ternyata seruuuu..... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget, ya, Ambu. Nemenin anak atau keponakan juga bikin happy.

      Hapus
  3. Main di plays.org bukan cuma seru aja ya kak. Tapi juga banyak games yang bikin anak dan ibu menghabiskan quality time berdua. Eeh permainannya juga aman ya. Kayak main xylophone. Ini kan seru banget

    BalasHapus
  4. Staycation selalu seru. Tapi seseru-serunya staycation memang mesti siap dengan rencana cadangan. Kan kadang-kadang ada aja kejadian di luar dugaan yang bikin kita mesti mendekam di kamar hotel aja. Kitanya sih jadi banyak kesempatan bikin konten. Nah anak-anaaaak? Untung bisa ngegame di plays.org ya. Bisa pakai wiifi hotel juga, biar puas mainnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener ini kak. Akutu sering ngalamin gini. Ganti planning karena banyak hal yang gak sesuai dengan rencana .
      Untungnya ada plays.org jadinya anak bisa anteng main sementara emaknya bikin konten

      Hapus
  5. Bermain game, konon menyenangkan dan menghibur diri sejenak kembali memfokuskan pikiran saatnya lebih baik

    BalasHapus
  6. Kalau saya belum pernah secara khusus staycation sama anak-anak. Tapi kalau boleh memilih, saya pasti bakal memilih hotel yang ada kolam renangnya, soalnya anak-anak suka banget bermain air

    BalasHapus
  7. Dulu, saat anak-anak masih dibawah usia 10 tahun, setiap staycation pasti nyari tempat yang ada kolam renangnya. Semakin berumur orientasi kegembiraan anak-anak juga berubah. Mengincar makanan (terutama sarapannya), kenyamanan ruangan, dan apa yang ada di sekitar hotel yang bisa disambangi. Sekarang bertambah lagi dengan jaringan teknologi dan games on line hahahaha. Jadi pada betah aja main game di HP atau laptop.

    BalasHapus
  8. Staycation sama anak seru banget walaupun rempong ya ..serasa pindahan rumah kalau saya mah hehehe tapi dinikmati aja kapan lagi hehehe

    BalasHapus
  9. Aktivitas seru bareng keluarga seperti ini jadi makin merekatkan hubungan juga ya kak. Apalagi permainan dari Plays.org juga banyak pilihannya

    BalasHapus
  10. Staycation bersama keluarga memang menyenangkan sekali. Aktivitasnya juga bebas. Karena mksudnya adalah untuk tetap bersama keluarga meski di hotel atau semacamnya, boleh-boleh saja kalau tetap sambil bermain game.

    BalasHapus
  11. Bener sekali, kegiatan yang paling terdampak pendemi, salah satunya kegiatan traveling. Traveling bersama keluarga memang dapat membangun kedekatan anak dan orang tua.

    BalasHapus
  12. Mantaps banget ya kak situs online game dari plays.org ini. Ratusan games, tidak perlu registrasi dan tanpa iklan. Mau dong mengunjungi. Benefitnya banyak banget ya kak

    BalasHapus
  13. Kadang kalo staycation beberapa hari di hotel bikin bosen sih, rasanya udah mentok ya keliling hotel ahahaha. Boleh juga ini idenya dengan main game. Plays.org banyak pilihan gamenya ya

    BalasHapus
  14. Saya belum pernah nih main game di plays.org
    Padahal ternyata gak perlu menggunakan memori ya. Harus coba nih biar tidak penasaran
    Sebelum ketahuan oleh anak, emaknya kudu main dulu. Hihihi....

    BalasHapus
  15. Saya pun sering main game bareng sama anak-anak. Dan karena jumlah laptop tidak sama dengan jumlah anak, kadang jadi rebutan deh karena tiap anak punya game favorit di plays.org

    BalasHapus
  16. Kalo punya anak batita atau balita, mau staycation di mana aja usahakan yang ada kolam renangnya ya mba. Kolam renang kayaknya jadi fasilitas wajib di tempat kita menginap. Hehehe

    BalasHapus
  17. iya staycation memang menyenangkan, apalagi untuk anak usia balita dan SD, bisa liburan nyaman bersama ibu bapaknya pasti bikin happy

    BalasHapus
  18. Aku ingat zaman doeloe aku demen banget main tetris hahaha :) Senangnya ya zaman now kita terutama anak2 bisa bermain game online. Terutama dari plays org ini gratis pula wowwww, kayak nemu harta karun :) Staycation jadi ga ngebosenin dong ya :) Mamahnya ikutan main juga bakalan seru nih hehehe :)

    BalasHapus
  19. Aiiih, jadi kangen staycation lagi. Sama kayak Mak Lia, saya juga suka jalan-jalan menikmati keindahan alam di sekitar hotel. Kalau main di Plays.org sih sudah jadi keasikan tersendiri buat saya, terutama pas lagi gabut, hihi. Saya paling suka main solitaire. :)

    BalasHapus
  20. Ih, sama mbaa... Saya juga suka main Tetra Blocks di Plays.org. Selain nostalgia, saya males main game yang bikin pusing. Hidup saya udah cukup musingin, jadi main game yang ringan-ringan aja.

    BalasHapus
  21. Aku juga kalau lagi bete suka main game di internet, di play.org juga. Emang kadang suka lelah ya otak, dibawa mikir terus, enaknya dibawa santai dulu sambil main games

    BalasHapus
  22. Staycation itu pasti banget harus berenang hehe.. Kalau nggak berenang kayak ada yang hilang gitu. DItambah lagi dengan pemandangan alam yang keren, jadi menyenangkan banget. Kalau anak-anak bosen ya kasih game hehe..

    BalasHapus
  23. Wah ada game tetra, game masa kecil sampai kami dibeliin game watch sama Ayah biar nggak rebutan mainnya. Seru ya game di plays.org

    BalasHapus
  24. Rekomendasi buat mengisi waktu liburan yg cocok buat keluarga nih. Apalagi yg main game plays.org itu... Banyak banget pilihan game buat anak2

    BalasHapus
  25. Aku juga sampe seusia gini belum bisa ninggalin games. Hiburan banget di kala penat. Tapi saat lagi santai juga biasanya tetep nge-game sih, buat mempertajam ingatan juga..

    BalasHapus
  26. Ahh aku pun suka banget main game di plays.org kalau lagi suntuk kerjaan mbak. Koleksi permainannya banyak ya, sampai yang jadul pun ada, jadi bisa nostalgia deh.

    BalasHapus
  27. Duh kangen banget staycation niiiih,
    Tapi main game di rumah juga seru yaaah, jadi penasaran pengen nge-game di Plays.org banyak banget pilihan gamenya yaah pastinya gak bosen deh

    BalasHapus
  28. Iya nih main game di plays itu asik karena nggak butuh registrasi. Dan aku akhirnya main tetris, pint ball, dan nyobsin game lainnya. Seru sih karena bisa main dil laptop atau PC juga

    BalasHapus
  29. Seru banget staycation apalagi jelang akhir tahun gini biasanya identik dengan saycation ya mbak. Apalagi anak2 kalau diajak pasti seneng banget.Makanya wajib pilih hotel yang minimal ada playground atau kolam rennag ya biar gak bosan. Sebagai selingan bisa main game juga ya.

    BalasHapus
  30. Asik banget ya Mba, bisa liburan apalagi bareng ama keluarga . Kalo kami liburan ke suatu tempat jarang bawa laptop, handphone juga jarang on, sibuk sama aktivitas liburan yang sebenarnya, hehehe. Btw terima kasih atas rekomendasi game nya yah

    BalasHapus
  31. Saya juga kangen banget traveling lagi tapi belum berani ke tempat2 yang mesti naik pesawat karena masih takut banget dicolok hidung untuk swab haha.

    Kalau sedang staycation, mesti dimaksimalkan semua hal yang ada di hotel ya, dari tempat bermain, makan, fasilitas kolam renang, bahkan wahana bermain anak kalau ada.

    Oh jadi pas staycation juga main game online ya anak-anak. Jadi makin seru ya, bisa isi waktu dengan bermain yang seru-seru dan menyenangkan.

    BalasHapus
  32. Sejujurnya aku nggak pernah bosan saat staycation sih. Karena dateng ke temapt baru jadi rasanya banyak banget yang pengen dieksplor. tapi pas udah mau tidur baru deh main game dulu.

    BalasHapus
  33. Berenang saat staycation memang sangat dinanti sama anak-anak yaa. Saya juga gitu mbak, kalau meningap di hotel, selalu dipastikan bisa berenang gratis di hotel hehe btw seru juga ditambah main game yaa

    BalasHapus
  34. Di akhir tahun ini saya lagi gak pengen ke mana-mana. Tetapi, sebetulnya bukan karena pandemi. Memang suka malas jalan akhir tahun. Cuacanya suka susah ketebak. Makanya mendingan di rumah dan kumpul keluarga. Sambil main game online di plays.org bakal seru, deh

    BalasHapus
  35. iya, staycation bersama keluarga adalah liburan paling favorit ya mbak
    simple tapi bikin hepi semuanya

    BalasHapus
  36. Favoritku main di kids club bareng anak-anak. Berhubung anak masih TK jadi dia betah eksplorasi kids club dan Playground. Ini salah satu kriteria memilih tempat buat staycation

    BalasHapus
  37. Staycation nya seru banget nih mak. Anak-anak memang butuh liburan ya apalagi sejak pandemi memang kegiatan kita dibatasi banget

    BalasHapus
  38. Akhirnya saya coba juga tadi main game di plays org. Seru ternyata banyak banget pilihannya ya. Anak saya ketagihan terus tuh pengen menjelajah semua permainannya

    BalasHapus
  39. Kegiatan seru semua itu kalau lagi staycation, terutama bisa makan bareng dan hunting spot Instagram able.

    Kalau lagi santai di kamar hotel bisa pilih mainan di plays.org ya. Anak-anak pasti suka.

    BalasHapus
  40. aku kalau staycation banyak tidur2annya nikmati kasur empuk beda dari rumah xixixi. tapi seruuuu ya kalau staycation gitu aku paling seneng kalau ada outdoor activity buat anak biasa dipakai bolak balik mumpung fasilitas hotel. untung ada plays bikin ga bosen selama staycation

    BalasHapus
  41. salfok sama permainan di play org, pas main gitu anaknya ditemenin ya mba ? pilihan mainan bagus sih ada yang edukasi ya mak

    BalasHapus
  42. Pas banget yaa..
    Sudah jelang liburan akhir tahun, saatnya stay cation yang bikin hati happy dan anak-anak pun serasa memiliki kenangan baru yang indah. Dengan bermain bersama di plays.org, staycation semakin berwarna.

    BalasHapus
  43. Mantep ya... Anak-anak jadi lebih fun staycation tetep bisa main game. Pernah nyoba game edukasi dari playorg , lumayan bisa jadi alternatif buat anak

    BalasHapus
  44. Seru banget ya beragam permainan di plays.org. Bisa jadi referensi liburan nataru bersama anak-anak dirumah aja. Mutiara Fhatrina

    BalasHapus
  45. Seru banget ya main game di play.org ini karena pilihan gamenya banyak dan gratis pula.

    BalasHapus
  46. Bagi yang gak bisa ke mana mana,bisa happy nih kalau ada play.org
    Apalagi buat anak bisa banget, salah satunya game yang ada unsur music nya seperti Virtual Xylophone ya

    BalasHapus
  47. Lihat foto2nya masya Allah tabarakallah pengen banget staycation di hotel berbintang heheh dan ya plays.org aku juga suka main karena bagus dan nggak ribet kak

    BalasHapus
  48. Seru banget kak bisa stayvacation bareng keluarga. Selama pandemi saya sendiri nggak pernah stayvacation. Padahal pengen banget, tapi waktunya belum meluangkan selama ini.

    BalasHapus
  49. Staycation bersama keluarga itu emang sangat menyenangkan

    Menghabiskan waktu bersama anak-anak merupakan waktu yang sangat berharga

    Saya juga selalu berusaha menyempatkan waktu disela kesibukan ikut main game bareng anak 😊

    BalasHapus
  50. Dzakyyyyy... modelnya dia semua nih heheheee...
    Aku juga suka main game, apalagi yang Tetris. Bersyukur ada Playa.org, pilihan gamenya banyak banget.

    BalasHapus
  51. Main game tuh emang bikin happy yaa, pantes aja anak-anak seneng mqin game wkwkwk.. aku aja yang udah emak2 seneng main game buat refreshing hehe

    BalasHapus
  52. Staycation makin seru dengan main game juga ya Mbak, secara banyak banget game yang bisa dimainkan ya.
    setelah bermain air dan hunting foto bisa banget nih main game dulu biar relax lagi ;D

    BalasHapus
  53. Staycation bersama keluarga memang nyaman banget, bikin makin tambah sayang.

    Selain itu saat senggang juga bisa sambil main game, dijamin makin tambah seru main game bareng keluarga.

    BalasHapus
  54. Gameny mengingatkan aku pada masa kecil dlu paling seneng main game bareng anak soalnya seru dan pasti anakku lebih jago main game daripada ibunyaa

    BalasHapus
  55. kalau staycation itu yang selalu dicari tempat berenangnya ya, secara anak-anak mah doyannya main air ya Mbak, kalau dah bosen yaa main Plays.org doong, saya pun juga sukaaa :)

    BalasHapus
  56. Anak2ku udah nagih mau staycation lagi akhir tahun. Tapi kmrn kami putuskan tunda dulu soalnya Oktober lalu udah liburan jg hehe
    Anak2 tu kdng kalau abis liburan gtu gak mau balik wkwk
    Enak kalau hotelya lengkap fasilitasnya dan ramah anak ya mbak. Kalau msh bosan jg tinggal main game di kamar :D

    BalasHapus
  57. Travelling bersama keluarga memang penting banget, bisa mengembalikan mood dan keakraban antara anggota keluarga yang lain, dan yang pasti hubungan suami istri pasti lebih hangat..

    BalasHapus
  58. Asik yaaa staycation bisa refreshing. Saya juga suka main di plays.org enak soalnya gak perlu install2

    BalasHapus

  59. Saya juga suka me time bareng plays.org. pilihan games nya banyak, ga pakai iklan, dan ga perlu instal pula. Jadi praktis..

    BalasHapus
  60. Wah seru banget nih aktivitas-aktivitas staycation-nya. Pastinya anak-anak bakalan suka. Huhu, aku jadi kangen untuk staycation lagi bareng anak-anak. Belom ada waktu dan anggarannya nih. Semoga bisa segera. Btw, aku belom pernah nih ngajak anak-anak main game di plays.org. Kayaknya anak-anak bakalan suka. Cus aaah...

    BalasHapus
  61. Plays ini bisa dimainkan di mana saja ya, termasuk ketika sedang staycation.. mantappp

    BalasHapus
  62. samaan nih mba.. kalau saya biasanya staycation sama anak tuh ya berenang atau sama mereka jalan2. kadang2 kalau mereka mau ya kami main game bareng :D

    BalasHapus

Posting Komentar