Serba-Serbi Dekspanthenol, Bahan Alami untuk Iritasi Kulit Bayi

26 komentar

Bahan alami iritasi kulit bayi
Serba-serbi Dekspanthenol,
via bepanthen.co.id dan canva


Sudah kenal Dekspanthenol belum, Sahabat Traveleannie? Dekspanthenol adalah bahan alami yang cocok untuk mengatasi iritasi kulit bayi terutama ruam popok. Iritasi kulit pada bayi kerap menjadi warning bagi orang tua karena heat rash  atau iritasi dapat mengganggu kenyamanan si Kecil. 

Bayi jadi gampang menangis dan rewel karena merasa gatal atau bahkan perih di area yang teriritasi. Untuk mengatasi keluhan iritasi, biasanya salep ruam yang mengandung deksphantenol digunakan secara rutin pada kulit bayi yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. 

Menariknya, ternyata dekspanthenol juga umum digunakan sebagai komposisi skincare orang dewasa mulai lotion hingga pelembab wajah. Sebenarnya apa sih dekspanthenol itu? Apa saja manfaatnya sehingga digunakan secara luas untuk merawat Kesehatan kulit termasuk kulit bayi? Yuk, simak informasinya di bawah ini!


Mengenal Dekspanthenol

Dekspanthenol adalah nama lain dari pro vitamin B5. Sama seperti kelompok vitamin lain pada umumnya, dekspanthenol tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga membutuhkan asupan dari luar jika dalam konteks makanan. 

Selain mengonsumsi sumber makanan yang kaya vitamin tersebut, Moms juga bisa mendapatkannya melalui produk yang mengandung dekspanthenol seperti salep, krim atau pelembab. 

Dekspanthenol relatif aman digunakan setiap hari termasuk pada kulit bayi yang sensitif karena bahannya alami. Dengan penggunaan teratur, bahan ini dapat membantu melembutkan dan melembabkan kulit sehingga terhindar dari kulit kering hingga pecah-pecah yang juga menjadi tanda bagi iritasi kulit. [1]


Manfaat Dekspanthenol

Dekspanthenol memiliki banyak manfaat terutama untuk kulit. Manfaat tersebut ternyata tidak hanya dapat dirasakan oleh buah hati dengan kulit sensitifnya, namun juga orang dewasa yang ingin merawat Kesehatan kulit.


Membantu menjaga kelembaban kulit

Kulit bayi maupun orang dewasa sama-sama berpotensi mengalami kekeringan yang diakibatkan oleh beragam faktor, mulai dari iritasi hingga dehidrasi. 

Dekspanthenol yang memiliki sifat humektan mampu mengikat air dan menguncinya di dalam sel kulit sehingga kulit senantiasa terhidrasi dengan baik sehingga terasa lembab dan jauh dari kulit kering. Fungsi dekspanthenol ini tentu saja akan semakin maksimal bila dibarengi dengan konsumsi cairan yang cukup setiap harinya.


Merangsang pembentukan kolagen

Kolagen adalah sejenis protein yang dibentuk oleh sel-sel kulit untuk menjaga keremajaannya. Penggunaan produk dengan kandungan dekspanthenol dapat membantu merangsang produksi protein tersebut sehingga tidak heran bila dengan pemakaian teratur, kulit akan terasa lebih lembut dan kenyal. Ini juga yang menjadi alasan mengapa dekspanthenol banyak dijumpai di produk anti penuaan miliki orang dewasa.

Selain membantu menjaga keremajaan kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk regenerasi sel kulit yang sudah rusak, misalnya karena lecet atau iritasi. Dengan bantuan kolagen, sel kulit akan terbarui sehingga luka jadi lebih cepat sembuh. 

Itulah sebabnya, dekspanthenol juga dijadikan bahan aktif pada krim ruam popok yang bertujuan untuk mempercepat penyembuhan ruam.


Bersifat antiinflamasi

Salah satu tanda dari ruam popok yang sering diderita bayi adalah kulit kemerahan yang mengilap dan perih ketika disentuh. Kemerahan inilah yang menjadi tanda terjadinya peradangan yang diakibatkan oleh banyak hal, mulai dari alergi hingga gesekan antara kulit dengan permukaan popok. Dekspanthenol yang memiliki sifat anti inflamasi membantu meredakan peradangan tersebut. 

Dengan penggunaan teratur, kulit yang mulanya merah dan tegangakan berangsur lebih tenang dan kemerahan pun memudar. Dengan begini, si Kecil juga akan merasa lebih nyaman karena perih yang dirasakan jadi berkurang.


Menjaga kekenyalan kulit

Masih berkaitan dengan dekspanthenol yang merangsang produksi kolagen, ternyata protein tersebut juga memiliki andil dalam menjaga kekencangan dan kepadatan kulit. Alhasil, dengan pemakaian dekspanthenol secara teratur kulit akan terasa kenyal dan segar seperti kulit remaja belia. [1,2]


Dekspanthenol untuk Iritasi Kulit Bayi


Bepanthen dengan Dekspanthenol
Bepanthen dengan Dekspanthenol,
via bepanthen.co.id

Salah satu jenis iritasi kulit yang sering dialami bayi di bawah 2 tahun adalah ruam popok. Ruam ini ditandai dengan kulit yang memerah, perih saat bersentuhan dengan permukaan popok, gatal dan bahkan berair pada kasus yang parah. Meskipun memang ruam dapat sembuh dengan sendirinya, namun tetap saja tidak boleh dibiarkan karena membuat buah hati tidak nyaman. [3]

Untuk mengatasinya, Moms bisa mengoleskan salep dengan kandungan dekspanthenol. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, manfaat dekspanthenol untuk merawat kulit bayi yang sedang iritasi, diantaraya: 

šŸŒ·Membantu menjaga kelembaban alami kulit

šŸŒ·Membantu meredakan peradangan dan kemerahan

šŸŒ·Merangsang produksi kolagen agar luka cepat sembuh karena regenerasi sel kulit yang baik. [1,2]

Salep ruam popok Bepanthen mengandung deksphantenol  kulit bayi yang sedang terkena iritasi seperti ruam popok. Oleh karena berasal dari bahan alami, Bepanthen aman digunakan setiap hari sesuai anjuran. Selalu sediakan salep ruam ini di rumah supaya dapat segera memberikan pertolongan pada si Kecil saat ruam menyerang. 

Itulah serba serbi Dekspanthenol, bahan alami untuk mengatasi iritasi pada kulit bayi terutama ruam popok. Nah, Mom's yang punya babby, udah pernah cobain belum produk Bepanthen yang rekomended ini?



1. John P. Cunha, Do, FACEOP, Dexpanthenol, September 14, 2021. Diakses pada 07 Juli 2022 dari https://www.rxlist.com/cosumer_panthoderm_dexpanthenol/drugs-condition.htm

2. Dexapanthenol Cream - Uses, Side Effects, and More. Diakses pada 07 Juli 2022 dari https://www.webmd.com/drugs/2/drug-75143/dexpanthenol-topical/details#:~:text=This%20medication%20is%20used%20as,and%20decrease%20itching%20and%20flaking

3. Michelle P. Tellado, MD, Diaper Rash, September 2019. Diakses pada 07 Juli 2022 dari https://kidshealth.org/en/parents/diaper-rash.html 


Lia Yuliani
Salam ... saya Lia Yuliani dengan nama pena Leannie Azalea. Ini adalah blog kedua dari Catatan Leannie by lia.yuliani.com. Saya seorang lulusan DIV Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung. Momblogger, sekaligus Kontributor media online, dan Ghost Writer. Penyuka puisi dan traveling. Sudah puluhan artikel dibuat penulis sejak tahun 2018 dari berbagai media online seperti Idn Times dan Kompasiana. Telah menulis belasan antologi baik puisi, cerita anak, cerita remaja, dan non fiksi sepanjang tahun 2018. Silakan hubungi leannie.019@gmail.com untuk mengajukan penawaran atau kerja sama.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

26 komentar

  1. Saya sering dengar nih mama-mama punya bayi selalu pakai Bepanthen untuk bayinya, ternyata sebagus itu ya manfaat dari kandungannya.
    Sayang dulu saya belum kenal ini, kulit si Kakak dulu sering iritasi padahal

    BalasHapus
  2. Aku baru tahu tentang Dekspanthenol disini. Oh jadi bahan baku ini baik ya untuk bayi agar tidak mengalami iritasi pada kulit ya kak dan juga melembabkan kulit bayi. Thanks banget nih untuk ulasan yang bermanfaat

    BalasHapus
  3. Kalau masih bayi, Bepanthen harus ada di kotak obat, nih. Jaga-jaga kalau sampai kulit bayi iritasi. Jadi bisa langsung dikasih Bepanthen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga kak, terpikirkan jadinya kalau ada yang melahirkan, bisa nih dijadikan rekomen kado

      Hapus
  4. Berarti bisa untuk ruam kalo pake popok nih yaa...
    ternyata segitu bagus manfaatnya.

    Bisa nih, direkomendasikan untuk keluarga yang masih punya bayi.

    BalasHapus
  5. duh senangnya sekarang ada Bepanthen. Saya ingat dulu waktu anak-anak ruam popok kepaksa cuma pakai cream atau baby oil yang pastinya bukan solusi tepat

    BalasHapus
  6. Dulu waktu anak-anak masih bayi, kalau mengenakan diapers merk tertentu, pasti muncul deh ruam popok yang bikin kapok.
    Untung ada bepanthen yang kandungan utamanya dekspanthenol... Dalam hitungan 1-2 hari, langsung membaik lho ruam pokoknya....

    BalasHapus
  7. Wah makasih banget ya mbak, saya juga sering kebingungan untuk masalah ini apalagi anak saya sering ruam. Semoga dengan ini teratasi ya.

    BalasHapus
  8. Beberapa waktu lalu, keponakanku ada kena iritasi kulit. Emang jadi gampang rewel sih. Mungkin kudu persiapan Bepanthen ya adik iparku. BIar enak. Pas iritasi tinggal kasih saja. Buat jaga-jaga.

    BalasHapus
  9. Wah kebetulan ponakan saya yg baby lagi alami iritasi boleh deh saya mau beli dekspanthenol untuk dia

    BalasHapus
  10. Kalau udah iritasi kulit memang gak menyenangkan ya Teh, apalagi buat anak-anak. Dan hadirnya Bepanthen ini bisa menjadi solusinya karena memahami kukit bayi

    BalasHapus
  11. Huhu, bayi yang kulitnya iritasi itu bikin sedih. Dulu anak-anakku waktu masih bayi, pasti selalu ngalamin. Lecet, merah-merah, dan perih gitu. Jadinya anaknya rewel. Dulu aku palingan pake bedak salisil aja. Alhamdulillah ya sekarang mah ada produk khusus. Kudu para tahu nih mommy yang punya bayi.

    BalasHapus
  12. Anak2 khususnya usia bayi dan balita
    masih sangat rentan terhadap berbagai hal yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, misalnya ruam popok. Salep Bepanthen dgn Dekspanthenol mesti ada dan disiapkan oleh para orang tua karena formulanya bagus utk mengatasi iritasi kulit bayi

    BalasHapus
  13. Deksphantenol ya namanya. Harus dicatat nih karena perlu. Saya punya ponakan yang baru lahir soalnya. Kasihan karena ada ruam popok. Saya bisa rekomendasikan deksphantenol ini ke saudara saya. Makasih kak infonya

    BalasHapus
  14. Sepertinya ini wajib ada dirumah ya mom. Apalagi yang punya baby dengan kulit sensitif. Baby ku nggak gitu sensitive sih kulit nya, tapi kadang ada ruam merah dan bingung mau dikasih cream apa

    BalasHapus
  15. Sekarang banyak banget pilihan ya. Ingat zaman baheula orang tua bingung kalau muncul ruam di badan bayi. Sekarang ngga perlu terlalu khawatir untuk urusan bayi, keamanan lebih terjaga.

    BalasHapus
  16. Untuk yang babynya kulitnya sensitif produk ini rekomen banget yaa, terutama yang rentan banget ruam popok gitu, produk wajib buat mommies nih

    BalasHapus
  17. Bepergian membawa bayi sekarang tidak sekhawatir jaman dulu. Udah banyak antisipasi seperti kalau kena ruam, tinggal oles Bepanthen. Aman pastinya...

    BalasHapus
  18. Ruam pada bayi akibat penggunaan popok itu kadang bikin sedih. Tapi ya tantangan ortu harus tahu, bagaimana tindakan yang dilakukan jika ruam itu terjadi. Ya, salah satunya dengan siap sedia Bepanthen ini.

    BalasHapus
  19. Jadi inget dlu anakku sering bngt ngalamin yang namanya ruam karna memang punya kulit yang super sensitif tapi skrang para ibu gk usah khawatir lagi ya, produknya wajib nih distok dirumah buat para ibu yang punya anak kulitnya sensitif

    BalasHapus
  20. Catat ya. Aku selama ini beli krim ruam bayi tuh gak lihat kandungannya. Percaya aja terus manut rekomendasi Teman. Habis ini gak salah pilih

    BalasHapus
  21. Betul, walaupun ruam bisa sembuh dengan sendirinya, sebaiknya segera diobati supaya bayi nyaman. Apalagi mereka masih kecil, belum bisa ngomong yang berarti belum bisa mengungkapkan apa yang dirasakan, akhirnya nangis aja karena mereka merasa kesakitan.

    BalasHapus
  22. nah informasi ini sangat bermanfaat untuk ibu-ibu yang punya baby, harus banget siap sedia untuk jaga-jaga ketika bayi mengalami iritasi kulit

    BalasHapus
  23. Ruam pada bayi sangat sakit baginya, aku pernah liat keponakan kena iritasi kulit alhasil tiap kali menyentuh kulitnya yg iritasi itu dia nangis dan dibiarkan juga takutnya malah berbahaya, akhirnya dikasih salap sama dokter. Ternyata dekspanthenol bisa mengatasi iritasinya ya, Mbak

    BalasHapus
  24. suka ikut sedih liat bayi nangis terus karena ada ruam-ruam. harus ngerti dikasih apa ya buat ngobatinnya. info baru nih kak buat aku

    BalasHapus
  25. Wahh sekarang ada banyak produk dari Bepanthen untuk bayi, ya kak.
    Emang sih, masalah ruam pada bayi cukup meresahkan para ibu, maklum bayi kan belum bisa ngomong yang ada hanya nangis, jadinya si ibu sering galau jika ruam ini sudah menghampiri si baby.

    BalasHapus

Posting Komentar