Berkunjung ke Bandung, Jangan Lupa 7 Oleh-oleh Tradisional ini!

21 komentar
Oleh-oleh Tradisional Bandung
Oleh-oleh Tradisional Bandung,
via incollage dan snapseed

Siapa yang pernah mampir ke Kota Kembang? Pastinya nggak akan lupa oleh-oleh khas Bandung sebagai buah tangan untuk diberikan pada kerabat, rekan kerja atau teman terdekatmu. Silaturahmi membawa berkah, rasanya kurang afdol kalau berkunjung tanpa membawa apa-apa. Nah, beberapa makanan  khas Bandung ini sepertinya pas buat dijadikan buah tangan atau oleh-oleh.

Saya jadi inget beberapa tahun silam pernah ikut suami tinggal di Semarang saat suami ditugaskan bekerja di sana sekitar tahun 2016 sampai pertengahan 2017. Saya sempat mencoba wisata kuliner Semarang seperti ceritanya Mba Dian Restu Agustina, salah satu  blogger yang tinggal di Jakarta. Blogger Jakarta ini orangnya humble, tulisannya juga bagus sehingga sering menjadi pemenang lomba blog . 

Saya juga senang mengunjungi berbagai tempat dan mencoba berbagai aneka kuliner saat traveling. Ketika saya mengunjungi berbagai tempat menarik di luar kota, pulangnya pasti cari oleh-oleh buat dikasih ke keluarga terdekat. Nah, kalau setelah berkunjung ke Kota Kembang, jangan lupa bawa oleh-oleh khas Bandung ya.


Oleh-oleh tradisonal Bandung yang populer

Di Kota Kembang banyak sekali pilihan wisata dan kuliner yang populer. Banyak obyek wisata kekinian yang instagramable dan diserbu berbagai wisatawan baik dari kota Bandung atau luar Kota. Biasanya kalau habis traveling suka pengen bawa buah tangan untuk keluarga. Nah, di bawah ini ada beberapa oleh-oleh tradisonal khas Bandung  diantaranya :

1. Peyeum Bandung

Peyeum Bandung,
Ilustrasi dari bandung.go.id

Peyeum atau tape singkong ini terbuat dari singkong yang sudah difermentasi. Peyeum adalah makanan tradisonal khas warga Bandung dan disukai banyak orang  karena ketika di konsumsi dapat memberikan  rasa hangat di tubuh. 

Oleh-oleh ini jadi ciri khas kuliner Bandung. Selain dimakan langsung bisa diolah menjadi berbagai olahan kuliner lain, misalnya Bolu tape singkong yang lezat.

2. Soerabi

Soerabi
Soerabi Bandung, dokumentasi pribadi 

Soerabi adalah Jajanan khas Bandung yang jadi favorit saya. Versi klasik Soerabi ini diberi tambahan oncom atau air gula merah. Kini sudah bervariasi dengan diberi toping lainnya seperti telur, keju, coklat, mozzarella dan aneka toping lainnya. 

Soerabi paling nikmat dijadikan camilan ditemani minuman hanget seperti bajigur atau Bandrek, yang jadi minuman khas Bandung, bisa juga jadi teman ngeteh atau ngopi.

3. Wajit Cililin

Wajit Bandung
Wajit Cililin, 
ilustrasi dari merdeka.com

Wajit merupakan kuliner tradisional yang mirip dengan dodol garut. Bahan dasarnya berupa beras ketan, kelapa, dan gula merah. Wajit ini teksturnya agak lengket dan rasanya manis. Wajit dibungkus dengan kulit jagung, sehingga beraroma khas dan bisa bertahan lama.

4. Oncom

Oncom Bandung
Oncom,
ilustrasi dari orami.co.id

Oncom merupakan salah satu makanan khas Bandung. Oncom merupakan makanan olahan hasil fermentasi dari campuran kapang, yang di sudah dicampur dengan sisa bungkil kacang tanah, ampas kedelai, ampas tahu, atau ampas kelapa.

Oncom bisa diolah menjadi aneka makanan lain, seperti gorengan combro, kepanjangan dari oncom dijero (oncom ada di dalam). Bisa juga membuat oseng-oseng genjer atau tumis oncom leunca. Oncom bisa jadi salah satu oleh-oleh tradisonal khas Bandung yang bisa dimasak menjadi hidangan lezat.

5. Bajigur dan Bandrek

Bandrek Bandung
Bandrek,
Ilustrasi dari cookpad.com/@hcndrn

Bajigur Bandung
Bajigur, 
Ilustrasi dari cookpad.com/@kikifathria

Bajigur dan Bandrek adalah minuman khas Bandung. Meminum keduanya membuat badan lebih segar dan hangat. Bajigur bahannya adalah gula aren dan santan kemudian  menambah ditambahkan jahe, garam, bubuk vanili dan cangkaleng atau dikenal dengan kolang-kaling.

Sedangkan bandrek bahannya jahe dan gula merah lalu  diberi kelapa muda. Meminum Bandrek dapat menghangatkan badan. Biasanya minuman tadi paling enak saat dimakan bersama Pisang rebus, ubi rebus, kacang rebus atau gorengan lainnya.

Bajigur dan bandrek sangat cocok disajikan bersama kacang rebus, ubi jalar rebus, atau gorengan.

6. Cireng 

Cireng
Cireng,
 ilustrasi dari liayuliani.com

Cireng ini singkatan dari aci digoreng. Bahannya dari tepung kanji, nasi, bumbu merica, bawang putih. Cireng ini banyak dicari wisatawan untuk oleh-oleh. Kalian bisa cobain cireng bumbu rujak yang rasanya lebih lezat.

7. Batagor

Batagor Bandung
Batagor,
Ilustrasi dari cookpad.com/@kulniyasally

Batagor adalah makanan dengan bahan dasar ikan tengiri yang dibungkus dengan tahu kemudian digoreng. Diberi bumbu kacang dan acar mentimun, atau versi lain ada batagor dengan kuah. Keduanya juga enak. Batagor jadi salah satu jajanan khas Bandung yang banyak digemari di sini. 

Sebagai orang Bandung saya paling sering jajan batagor, cireng, dan soerabi. Sebenarnya banyak juga jajanan kekinian dan populer khas Bandung yang bisa dijadikan oleh-oleh. Mungkin nanti akan saya ulas di blog ini.

Inilah 7 oleh-oleh tradisonal khas Bandung yang bisa Sahabat Traveleannie beli saat mengunjungi Kota Kembang. Nah, diantara ketujuh makanan di atas mana yang jadi favorit kalian?


Salam,




Lia Yuliani
Salam ... saya Lia Yuliani dengan nama pena Leannie Azalea. Ini adalah blog kedua dari Catatan Leannie by lia.yuliani.com. Saya seorang lulusan DIV Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung. Momblogger, sekaligus Kontributor media online, dan Ghost Writer. Penyuka puisi dan traveling. Sudah puluhan artikel dibuat penulis sejak tahun 2018 dari berbagai media online seperti Idn Times dan Kompasiana. Telah menulis belasan antologi baik puisi, cerita anak, cerita remaja, dan non fiksi sepanjang tahun 2018. Silakan hubungi leannie.019@gmail.com untuk mengajukan penawaran atau kerja sama.

Related Posts

21 komentar

  1. Ulalaaaa mupeng bgt bisa cusss ke BDG.

    Aku udah mulai ceki2 app travel utk tau kisaram harga KA sby BDG.
    Bismillah, semoga ada rezeki dimudahkan bs cussss

    BalasHapus
  2. jadi ngiler lihat batagor
    rumah saya sekarang di kampung say, gak ada batagor di sini
    paling adanya bakso yang murah
    kalo peuyeum dan oncom banyak, jadi sering bikin cake tape dan tumis oncom :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambu pindah rumah ya? Udah jarangkah yang jualan batagor di sana?

      Hapus
  3. Kalau yang terakhir bikin daku lapar Teh, wkwkwk.
    Oleh-oleh Bandung ini yang paling daku suka adalah wajit, karena aromanya aja udah bikin naksir, belum lagi pas dimakan deuh itu nikmat rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajit ini kesukaan ayahku dong, pas anakku cobain dia juga suka hehe

      Hapus
  4. Kuliner Batagor masih terasa nyaman untuk oleh-oleh khas Bandung sampai sekarang

    BalasHapus
  5. Ibuku kalau ada siapapun yang ke Bandung suka nitipnya Sale sama Wajid.
    Terus mintanya dibelikan di toko oleh-oleh depan Ciwalk. Kudu disana, soalnya kalo engga..rasanya beda..ceunah.
    Huhu...

    Sesekali pingin mochi juga..
    Sama batagor. Enaaakk dari Bandung aseli, katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya depan Ciwalk emang banyak yang jualan makanan buat oleh-oleh ya Mba. Saya nemuin langsung penjual peyeum. Oh iya mochi, aku juga suka nih.

      Hapus
  6. Penasaran pengen coba Bajigur sama Bandrek deh soalnya selama ini kalau ke Bandung pasti belinya cuma peyeum aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bajigur terutama Bandrek anget diminum Mba. Kaya rempah terutama jahenya di Bandrek

      Hapus
  7. Bajigur dan bandrek memang khas bandung karena udara yang sangat dingin memang cocok disajikan minuman yang hangat-hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget Bu. Biasanya yang jualan Bandrek or Bajigur suka ama rebusan ubi, kacang, dan Kue nagasari

      Hapus
  8. Wah cireng dan batagor enak nih kayaknya hehehe di mana mana pasti ada jajanan dua ini

    BalasHapus
  9. Kuliner bandung emang selalu menggoda ya kak. Sebagai pecinta cireng nanti bakal Cobain ah kalau pas ke bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cireng juga sekarang udah banyak rasanya Mba. Engga cuman yang ori aja. Cireng bumbu rujak enak tuh

      Hapus
  10. Favorit akuuuh, semua itu! haha. Makasih sudah diingatkan akan oleh-oleh tradisional Bandung ini, Mbak. Enak semua dan pas buat oleh-oleh kalau dari Bandung ya...Duh pengin jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak semuanya ya Mba Dian, hehe ... Cuss borong buat oleh-oleh

      Hapus
  11. Di antara semua, yg aku ga suka cuma wajit cililin 😅. Dari dulu memang ga gitu doyan Ama makanan lengket dan manis kayak dodol mba. Bisa sih kalo cuma sekedar nyoba, tapi paling cuma berapa gigitan doang 😅.

    Yg paling aku sukaaa, udah pasti batagor. Batagor Bandung mah ga ada 2 nya, memang ENAAAK 🤤. Ntah kenapa beda aja Ama batagor yg skrg aku beli di JKT 🤣

    BalasHapus

Posting Komentar