10 Oleh-oleh Khas Lampung Terfavorit yang Lezat Rasanya

20 komentar

Oleh-oleh Lampung Terfavorit
Oleh-oleh Khas Lampung,
ilustrasi dari inshot dan snapseed

Mencari oleh-oleh khas Lampung terfavorit dan lezat rasanya? Jangan sampai melewatkan berbagai jenis makanan yang bisa dibawa pulang ini, ya. Pasti keluarga atau saudara senang dengan oleh-oleh khas Lampung ini.

Lampung, adalah salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya ada di ujung Pulau Sumatera. Selat Sunda berbatasan langsung dengan Lampung dan jadi pintu gerbang masuk ke provinsi ini. Bandar Lampung adalah ibukota provinsi ini yang berbatasan dengan Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan.


Saya dulu pernah punya rekan kerja yang punya kampung halaman di Lampung. Setiap dia mudik, saya suka dibawain keripik pisang coklat. Favorit saya banget ini. 


Oleh-oleh khas Lampung terfavorit dan enak rasanya


Saya jadi penasaran oleh-oleh lain dari Provinsi Lampung ini. Ternyata lumayan banyak juga ya makanan khas Lampung yang lezat dan bisa jadi buah tangan. Inilah 7  Oleh-oleh khas Lampung terfavorit untuk keluarga, di antaranya:


  1. Keripik Pisang

Keripik Pisang Khas Lampung
Keripik Pisang, 
ilustrasi dari instagram.com/@keripik_lampung

Lampung terkenal sebagai daerah penghasil pisang yang berlimpah sehingga banyak kuliner khas Lampung yang berbahan pisang seperti keripik pisang.


Saya pernah cobain keripik pisang rasa coklat. Ini enak banget rasanya. Ada varian rasa lain seperti rasa strawberry, susu, dan lainnya.


  1. Pie Susu Pisang

Pie Pisang Lampung
Pie Susu Pisang,
ilustrasi dari yussyakmal.com
Satu lagi olahan pisang yang jadi favorit banyak orang yaitu Pie Susu Pisang. Buah tangan khas Lampung ini berbentuk  irisan pisang dan dilengkapi berbagai varian rasa yang lezat rasanya.

  1. Keripik Nangka

Keripik Nangka Lampung
Keripik Nangka,
ilustrasi dari instagram.com/@anekasarirasa

Selain keripik pisang, keripik Nangka pun dikenal sebagai oleh-oleh khas Lampung yang enak rasanya. Keripik Nangka ini rasanya manis dan gurih. Bahan dasarnya dari buah nangka yang dimasak dengan cara dioven sehingga lebih sehat pastinya.

  1. Browkis

Brownies Kulit Pisang
Browkies,
ilustrasi dari cokpad.com/@endangpratiwi

Satu lagi olahan pisang yang lezat yaitu Browkis alias brownies yang terbuat dari bahan dasar tepung kulit pisang. Rasanya nggak kalah enak dengan brownies lainnya dan tersedia berbagai pilihan rasa seperti rasa cokelat, strawberry dan chocochips.


  1. Kemplang


Kerupuk Kemplang
Kemplang,
ilustrasi dari tribunnewswiki.com

Kemplang adalah kerupuk khas Lampung yang terbuat dari bahan ikan tenggiri yang digoreng dengan pasir, bukan minyak sehingga teksturnya tidak berminyak, renyah, dan kering. Paling enak disajikan dengan kuah pedas.


  1. Kopi Lampung

Kopi Khas Lampung
Kopi Lampung,
ilustrasi dari instagram.coml/@elscoffee

Coffee lovers pasti sudah tahu tentang Kopi Lampung ini. Kopi robusta asal Lampung. Aroma kopinya kuat akan cokelat dan rempah-rempah, rasakan sensasi lezat dark cocoa, aftertaste nutty, dan caramel dari Kopi Khas Lampung ini.


  1. Kopi Durian

Kopi Durian Lampung
Kopi Durian,
ilustrasi dari Instagram.com/@kohfie.co

Selain Kopi Lampung, ada juga Kopi Durian dengan perpaduan kopi robusta dan buah durian. Cara baru menikmati Kopi dengan rasa yang berbeda, buat penyuka kopi pasti senang nih kalau dapat oleh-oleh Kopi Durian.


  1. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung Khas Lampung
Sambal Lingkung,
ilustrasi dari sekitarlampung.com

Pecinta sambal harus coba sambal khas Lampung yaitu Sambal Lingkung. Meski bernama sambal Lingkung, tetapi sebenarnya ini adalah abon khas Lampung dengan campuran bumbu dari serat ikan berukuran lebih kecil dari abon lainnya.


Rasanya pedas dan gurih karena ada campuran ikan tenggiri di dalamnya. Sambal Lingkung ini juga tahan lama, cocok buat oleh-oleh di rumah.


  1. Pempek Lampung 

Pempek Khas Lampung
Pempek Lampung,
ilustrasi dari ragamlampung.com

Ternyata Pempek tak hanya ditemui di Palembang. Ada juga Pempek Khas Lampung yang bisa dijadikan buah tangan. Bedanya cuka pempek Lampung punya aroma yang lebih kuat dan tajam.


Salah satu olahan pempek yang terkenal di Lampung adalah pempek Nori dengan varian favorit seperti pempek keju, pempek telur dan pempek lenjer.


  1. Lempok Durian

Lempok Durian Lampung
Lempok Durian,
ilustrasi dari instagram.com/@anekasarirasa

Dodol dikenal dengan makanan khas Garut. Ternyata di Lampun pun ada dodol pandan, sirsak dan durian. Lempok Durian adalah Dodol dengan campuran buah durian. Dodol dengan aroma buah durian Ini juga lezat rasanya dan cocok dijadikan buah tangan.


Saya baru nyobain keripik pisang dan keripik nangka, rasanya ingin coba oleh-oleh Khas Lampung lainnya. Salah satu rekan saya, Blogger Lampung sekaligus Penulis Lampung pernah menceritakan keindahan daerahnya.


Lampung menjadi pilihan salah satu destinasi wisata yang rekomended buat dikunjungi, contohnya ada Pantai Pasir Putih, Pulau Sebuku, Air Terjun Curup Tujuh, Danau Krakatau di Selat Sunda, Taman Nasional Way Kambas dan masih banyak destinasi wisata lainnya.


Itulah 10 Oleh-oleh khas Lampung terfavorit dan lezat rasanya. Dari kesepuluh oleh-oleh Khas Lampung saya baru nyobain keripik nangka dan keripik pisangnya. Ini juga dibawain temen kerja dulu. Nah, kira-kira apa aja, nih oleh-oleh khas Lampung yang jadi Sahabat Traveleannie sukai?




Lia Yuliani
Salam ... saya Lia Yuliani dengan nama pena Leannie Azalea. Ini adalah blog kedua dari Catatan Leannie by lia.yuliani.com. Saya seorang lulusan DIV Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung. Momblogger, sekaligus Kontributor media online, dan Ghost Writer. Penyuka puisi dan traveling. Sudah puluhan artikel dibuat penulis sejak tahun 2018 dari berbagai media online seperti Idn Times dan Kompasiana. Telah menulis belasan antologi baik puisi, cerita anak, cerita remaja, dan non fiksi sepanjang tahun 2018. Silakan hubungi leannie.019@gmail.com untuk mengajukan penawaran atau kerja sama.

Related Posts

20 komentar

  1. Banyak juga ya pilihan oleh-oleh dari Lampung ya. Aku dari dulu taunya keripik pisang aja, dengan aneka rasa. Yang paling kusuka rasa original,pedas dan coklat.

    BalasHapus
  2. Wadhu aku penasaran banget mba oleh oleh lampung kopi durian itu. Kayak apa ya rasanya. Bener bener kreatif dan inovatif ya idenya 😍. Soalnya aku suka kopi dan suka durian juga. Kan dua duanya punya wangi yang khas dan kuat ya 😊

    BalasHapus
  3. Banyak yang berbahan dasar pisang dan durian ya mbak, saya kira di desa saja aja yang banyak duriannya, ternyata lampung juga. saya pengen nyobain kopi duriannya, gimana ya cara bikinnya, kali aja bisa ditiru hehehe..

    BalasHapus
  4. Yang paling teringat saya sama tuh keripik pisang. Karena punya teman yang tinggal di Lampung, pernah beberapa kali dikirimin oleh-oleh khas ini. Kopi Lampun juga pernah cobain. Enak rasanya, ya.

    BalasHapus
  5. Dari semuanya yg bikin saya penasaran itu brownies kulit pisang itu mba.. Baru tau kalau tepung bs terbuat dr kulit pisang. Unik banget. Penasaran rasanya

    BalasHapus
  6. Di antara semua oleh-oleh, paling sering kalau ke Lampung tuh beli keripik pisangnya, dan paling suka yang asin. Kalau yang udah diberi rasa coklat atau pemanis lainnya, udah ga kayak keripik lagi rasanya.

    Baru tahu soal browkis. Unik juga dari tepung kulit pisang ya.
    Kalau pempek, sering makannya pas di sana. Bedanya dengan pempek Palembang dari ikannya, kalau pempek Palembang ikan sungai, di Lampung aku pernah makan ikannya ikan laut. Mungkin karena di sana dikelilingi laut.

    BalasHapus
  7. Kalo oleh2 lain itu kayanya mgkn ada di daerah lain ya. Tapi kalo sambal likung dan kopi lampung itu kayanya memang otentik dan tiada duanya. Aku penasaran juga sih sama pempek lampung kata orang2 enak bgt

    BalasHapus
  8. Baru tau di lampung ada pempek juga. Aku sih pengen nyobain kopi lampung aja kadang klo ngafe suka juga pesen kopi lampung

    BalasHapus
  9. jujurly aku belum pernah sama sekali ke Lampung dan belum ada orang kantor atau saudara yang berlibur dari Lampung jadi belum tau oleh-oleh khas dari Lampung yang ternyata banyak yang kayaknya akan aku sukai

    BalasHapus
  10. Dulu waktu jalan-jalan ke Tanggamus, pulangnya sempat beli oleh-oleh Lempok Durian dan Kopi Lampung. Yang lain-lainnya enggak beli karena di Jawa ada juga kayaknya, meskipun mungkin memang beda cara mengolahnya.

    BalasHapus
  11. Sebagai Destinasi wisata Lampung itu memang nggak ada matinya.
    Mulai dari alam, budaya, sampai kulinernya. Menurut saya ini hanya contoh saja ya kalau menikmati Pempe enakan di Lampung daripada di tempat aslinya Palembang. Ini mungkin Sabtu aktif tapi sudah beberapa kali ke Palembang dan sering ke Lampung, lebih sukanya makan Pempe di Lampung :)

    BalasHapus
  12. paling terkenal sih kripik pisangnya ya kalau oleh-oleh lampung. jadi penasaran saya sama produk oleh-oleh lain dari lampung nih terutama brownies kulit pisang itu

    BalasHapus
  13. Keripik pisang ini favoritku dan keluarga di rumah, apalagi bubuk cokelatnya itu loh. Kenal si keripik pisang juga karena dapat oleh-oleh dari teman yang habis dari Lampung waktu jaman kerja dulu.

    BalasHapus
  14. Kopi Durian itu kek mana rasanya? Buat aku yang gak doyan keduanya, kopi maupun durian, gak bakal pilih ini sih buat oleh-oleh. Aku malah penasaran banget sama Sambal Lingkungnya

    BalasHapus
  15. Di antara semua, baru kenal kopi lampung. Itu pun sudah lamaaaa sekali, karena punya teman kuliah dari sana yang kirim kopi ke Jepara, lalu saat adik ke sana juga bawain kopi. Sekarang makin banyak pilihan oleh-olehnya, ya.

    BalasHapus
  16. aaaah mbaaa aku jadi kangen Lampung, kampung halamanku tercinta. Asli makanannya enak - enak dan lihat postingan ini aku ngiler beraaaat

    BalasHapus
  17. Pengen banget ke Lampung kapan yaaaaa. Padahal akses naik KRL dan kereta serta kapal laut udah enak. Moga tahun ini ada kesempatan ke sana.
    Catet dulu aneka oleh2nya. Baru tahu kalau lampung pun memiliki empek2 yang memiliki ciri khas sendiri ya TFS infonya.

    BalasHapus
  18. Aku inget-inget namanya, Sambal Lingkung.
    Makanan Khas Sumatera memang bikin nagih ya.. Aku sesungguhnya awam, tapi yakin pasti enak. Kemarin nyobain via ojol makanan khas Bukittinggi. Nanti kapan-kapan cari makanan khas Lampung.

    BalasHapus
  19. Itu kesukaan semuaaa!
    Lempok, kopi Lampung, keripik pisang dan nangka, ya ampuuun sampe ke pempek khasnya aku juga suka!

    BalasHapus
  20. Wah, ternyata banyak juga oleh-oleh khas Lampung. Saya penasaran dengan sambal Lingkung, sepertinya cocok banget buat disimpan lama dan sekaligus dibawa saat traveling.

    BalasHapus

Posting Komentar