Bisa Mendatangkan Cuan, ini 5 Tips Memulai Investasi Rumah!

24 komentar
Memulai investasi rumah
Tips memulai investasi rumah,
dokumentasi dari freepik dan canva

Salah satu investasi yang menguntungkan adalah di bidang properti, yaitu investasi rumah. Ada beberapa tips memulai investasi rumah agar mendatangkan cuan, dijamin pasti untung.

Rumah termasuk salah satu kebutuhan primer selain makanan dan pakaian. Investasi rumah pasti jadi hal yang sangat menjanjikan di masa depan. Pastinya ada berbagai keuntungan jika berinvestasi rumah.


Keuntungan investasi rumah

Investasi rumah
Keuntungan investasi rumah,
ilustrasi dari freepik dan snapseed

Rumah sangat dibutuhkan setiap orang. Jika memiliki modal yang cukup, memiliki rumah untuk disewakan atau dijual pasti bisa menghasilkan cuan. Apa saja keuntungan investasi rumah? Inilah beberapa keuntungannya:

­čîĚHarga rumah naik setiap tahun

Harga rumah akan naik setiap tahunnya, soalnya jarang sekali harga rumah turun. Jadi berinvestasi rumah tidak akan pernah rugi tentunya. Apalagi jika bisa dimanfaatkan atau disewakan, bisa jadi ladang cuan.

­čîĚSumber pendapatan pasif

Jika membeli rumah dan tidak ditempati, maka rumah tersebut bisa disewakan. Keuntungan investasi rumah bisa menjadi sumber pendapatan pasif misalnya disewakan untuk bisnis atau kos-kosan.

­čîĚProperti bisa bersifat multiguna

Memiliki properti sifatnya multiguna, yang artinya properti bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam jenis usaha.Jika lokasi properti dekat dengan tempat kuliah bisa dijadikan tempat kos-kostan mahasiswa.

Nah, lain halnya kalau lokasi properti letaknya di pinggir jalan, bisa disewakan atau dikontrakan untuk kepentingan bisnis misalnya sewa tempat untuk berjualan seperti produk fashion atau kuliner. Bisa juga disewakan untuk ruko atau kantor. 

­čîĚRumah menjadi investasi jangka panjang

Investasi rumah atau properti bisa memberikan banyak keuntungan, karena sebuah hunian dapat dijadikan tempat usaha dalam jangka waktu yang panjang.

Buat yang merasa berat membayar atau membeli rumah karena harganya yang tinggi, bisa memanfaatkan KPR untuk membeli rumah. Dengan menyewakan rumah, nantinya biaya sewa yang dibayarkan bisa digunakan untuk membayar cicilan rumah. 


5 Tips memulai investasi rumah agar mendatangkan cuan


Tips investasi properti
Tips investasi rumah,
ilustrasi dari freepik dan snapseed

Bagaimana tips memulai investasi rumah biar mendatangkan cuan? Pasti banyak yang bertanya-tanya tentang cara memulainya berbisnis rumah. Inilah 5 tips memulai investasi rumah!

Memilih rumah dengan lokasi yang strategis

Salah satu pertimbangan utama dalam membeli rumah adalah lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis sangat potensial untuk disewakan sebagai tempat usaha, ruko atau kantor . Jika lokasi dekat dengan tempat kuliah bisa dijadikan kos-kostan mahasiswa. 

Cek harga pasar dan sesuaikan dengan budget 

Hal yang penting diperhatikan adalah mengecek harga pasar tentang biaya atau harga rumah dan yang pasti harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki. 

Bisa dipertimbangkan membeli rumah dengan cash atau kredit, caranya dengan menghitung pembayaran terlebih dahulu untuk menyesuaikan dana yang dimiliki.

Membeli rumah dari pengembang 

Memilih pengembang yang terpercaya bisa jadi pertimbangan untuk membeli rumah. Selain itu Kita bisa mengajukan cicilan rumah sebagai pembayarannya agar tidak terasa memberatkan.

Memiliki dokumen yang lengkap seperti surat kepemilikan tanah

Hal yang tak boleh dilewatkan adalah memeriksa kelengkapan dokumen seperti surat kepemilikan tanah. Jangan sampai membeli bangunan di atas tanah yang masih sengketa. Bisa bermasalah nantinya.

Memilih rumah yang memiliki fasilitas lengkap

Jangan lupa mempertimbangkan untuk memilih rumah yang memiliki fasilitas memadai dan lengkap. Biar lebih nyaman ketika dipakai untuk usaha tentunya.

Saya sendiri sudah mulai berinvestasi rumah. Membangun rumah untuk disewakan karena lokasi rumah berdekatan dengan tempat kuliah. Jadi ada dua kamar yang saya sewakan. Alhamdulillah sejauh ini investasi rumah menguntungkan dan bisa jadi tambahan cuan.

Itulah keuntungan dan 5 tips memulai usaha investasi rumah yang bisa menghasilkan cuan. Nah gimana dengan Sahabat, apakah tertarik juga untuk memulai berinvestasi rumah? Sharing di kolom komentar, ya!


Salam,











Lia Yuliani
Salam ... saya Lia Yuliani dengan nama pena Leannie Azalea. Ini adalah blog kedua dari Catatan Leannie by lia.yuliani.com. Saya seorang lulusan DIV Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung. Momblogger, sekaligus Kontributor media online, dan Ghost Writer. Penyuka puisi dan traveling. Sudah puluhan artikel dibuat penulis sejak tahun 2018 dari berbagai media online seperti Idn Times dan Kompasiana. Telah menulis belasan antologi baik puisi, cerita anak, cerita remaja, dan non fiksi sepanjang tahun 2018. Silakan hubungi leannie.019@gmail.com untuk mengajukan penawaran atau kerja sama.

Related Posts

24 komentar

  1. properti tuh dari tahun ke tahun naiknya luar biasa banget ya, mak. aku juga ada rumah tapi belum ditempati, kadang nyesel dulu kenapa beli, tapi gakpapa lah itung-itung investasi.

    BalasHapus
  2. Selamat ya Mba sudah berinvestasi rumah untuk disewakan apalagi dekat dengan tempat kuliah, semoga menuntungkan dan berkah. Memang investasi rumah bisa jdi pilihan ya, beneran cuan!!

    BalasHapus
  3. Bener banget kalau investasi di properti tuh nggak pernah salah. Keuntungannya sangat menggiurkan meskipun butuh waktu yaaa.. Alhamdulillah mbak Lia sudah punya invest properti ya mbak, CUAN bangeett!!

    BalasHapus
  4. Bener banget sih, cek fasilitas dan pastikan dokumen aman. Jadi ingat dulu belum pengalaman beli rumah, ternyata ada dokumen yang belum lengkap. Jadilah sekarang ribet ngurus sendiri huhu. Wah, mbak Lia sudah punya rumah untuk disewakan, lokasi emang menentukan sih apalagi kalau dekat kampus, bisa cuan banget sama anak2 mahasiswa yang ga mau ngekost.

    BalasHapus
  5. Wah investasi rumah memang benerr cuan apalagi udah sewain lahan yg dekat kampus. Udah kawasan rameee, laris manis ya mba. Moga lancar terus ya mba Lia invest propertinya. .

    BalasHapus
  6. Cuan dari investasi rmh memang kl jodoh palg gampang. Pernah sih terpikir mau berinvestasi cari cuan dr rumah. Anak2 sdh punya rmh sendiri. Nah kl mengundang cuan ada jalannya sebenarny. Bunda tinggal bersama salah satu anak, rmh bunda bisa dikontrakkan, at least utk 2 tahun kan gak sia2 rmh bunda dp hrs bayar tkng yg merawat tanaman, bayar Mbak ART. Uang bisa dijadikan modal awal keluarga. Ini baru rencana moq.

    BalasHapus
  7. Orangtuaku punya kost2an dan rumah induk untuk disewakan. Memang betul mbak, harga properti pasti naik terus. Investasi seperti ini sangat menguntungkan tentunya. Aku juga bercita-cita ingin membangun rumah sederhana lalu disewakan atau dijual kembali. Doakan ya :)

    BalasHapus
  8. Menurutku properti bisa jadi pilihan untuk mendatangkan cuan jika disewakan atau dikontrakan mba. Dan tentu saja harus pilih rumah yang lokasi tempat strategis ya mba

    BalasHapus
  9. Investasi rumah itu menurutku sangat menjanjikan, karena hampir setiap tahun harga tanah dan bangunan pasti semakin mahal, tapi jodoh jodoh an juga untuk dapetin investasi ini, dengan ada nya tips dari mbak annie, insyaallah bisa disiapkan yah langkah langkah nya.

    BalasHapus
  10. Investasi properti emang sangat menjanjikan ya, seperti inves rumah. Mana skearang harga rumah tipa tahun makin gila2an, mayan banget kalo bisa dikontrakkan. Pokoknya pastikan lokasinya strategis juga yhaa.

    BalasHapus
  11. Saya malah lagi menjual rumah, Mbak. Sempat sih kepikiran untuk dikontrakan. Tapi, suami keberatan dan tetap memilih dijual :)

    BalasHapus
  12. Tertarik banget usaha kosan, sayangnya dulu sempat mau beli rumah petak nggak jadi, tapi ibu saya punya kontrakan beberapa pintu lumayan banget pendapatannya..semoga ada rezekinya nanti bisa beli rumah untuk kosan juga..

    BalasHapus
  13. Rumah memang investasi yang sangat bagus Mbak. Saya setuju dengan 5 keuntungannya. Tapi mau nambahin 1 yang malahan jadi kunci yang aslinya sudah disebutkan.
    Disewakan. Kebanyakan ini alasan orang beli rumah ke sekian. Rumah yang tidak dihuni akan rusak dan biaya perbaikannya sangat mahal. Beda kalau disewakan, meskipun murah tapi maintenance-nya tidak banyak.

    BalasHapus
  14. Memang investasi ini tuh gak ada ruginya. Apalagi kalo pas mag bagus lokasinya. Duh panen nantinya yah. Anak aku aja milih tanah timbang diberikan emas

    BalasHapus
  15. kalau untuk rumah memang bisa jadi investasi kalau rumahnya dikontrakkan. sayangnya nih ada juga yang beli rumah tapi dibiarin aja sampai hancur sendiri rumahnya kayak di komplek tempatku tinggal

    BalasHapus
  16. Punya investasi rumah itu mudah banget buat mendatangkan cuan. Apalagi kalau di kota. Selain buat kost-kost an juga bisa disewakan.

    BalasHapus
  17. Iya bener ini, harga rumah tuh terus naik jadi memang kalau ada rezeki bisa invest rumah tuh mending langsung akad ya. Belajar dari sepupuku yang dulu beli lahan kosong di Jogja dan dia bangun sedikit-dikit jadi kostan, lumayan banget sekarang pemasukannya.

    BalasHapus
  18. Buat atau beli rumah buat dikontrakin tuh emang lumayan buat investasi. Kalau cuma buat dianggurin, sayang banget karena bakal mikir perawatannya juga. Jadi emang kudu pintar-pintar pilih lokasi juga

    BalasHapus
  19. Investasi rumah selalu menguntungkan ya apalagi kalau beli skr hasilnya terlihat di masa depan soalnya harganya selalu naik. Beli rumah untuk dijadikan pendapatan pasif trik cerdas juga ya apalagi kalau dikontrakan atau dijadikan kost-kostan

    BalasHapus
  20. Rumah sebagai investasi jangka panjang ini sudah dipercaya sejak jaman nenek moyang. Malah kita sudah mendengar dari cerita jaman kerajaan, jika jaman dahulu banyak juragan tanah yg menghalalkan segala cara supaya bisa menguasai banyak lahan.
    Jaman sekarang dengan maksud sama, bernilai investasi hanya sistem dan prosesnya yang menyesuaikan dengan keadaan ya

    BalasHapus
  21. Bisnis properti itu memang menggiurkan ya mak.senangnya kalau dapat rumah pilihan di lokasi strategis. Bisa untuk usaha atau untuk disewakan

    BalasHapus
  22. Investasi terbaik meski terbilang membutuhkan waktu yang panjang dan perawatan, tapi properti ini bikin bahagia banget sih ya.. Menjanjikan masa depan.

    BalasHapus
  23. Harga rumah dan harga tanah tiap tahun naik, dan menurutku memang investasi terbaik tuh ya properti. Btw, terimakasih Mak buat tipsnya…

    BalasHapus
  24. Apa yahg dilakukan Vania benar-benar inspiratif dan oastinya sangat bermanfaat bagi banyak orang. Semua usia bisa merasakan manfaat

    BalasHapus

Posting Komentar